Jakarta (ANTARA) - Investasi menjadi kata yang paling sering disebut oleh cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dalam debat kedua cawapres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat malam (22/12).

ANTARA mencatat Muhaimin menyebut kata investasi setidaknya sebanyak 17 kali.

Setelah investasi, "slepet" menjadi kata terbanyak kedua yang diucapkan Muhaimin, yakni sebanyak 12 kali.

Selanjutnya, pria yang akrab disapa Gus Imin itu juga menyebut kata "pemerataan" sebanyak delapan kali, "UMKM" atau usaha mikro, kecil, dan menengah sebanyak tujuh kali, dan frasa "utang luar negeri" disebut lima kali selama debat.

Baca juga: Cak Imin minta tips dan trik ke Gibran agar proyek besar masuk daerah

Sementara itu, istilah slepetnomics, yang disebut sebagai gagasan ekonomi yang mengutamakan pembangunan adil dan merata usungannya bersama capres Anies Baswedan, diucapkan Muhaimin sebanyak tiga kali saat penyampaian kalimat penutup debat.

Selain itu, dia juga menyebutkan frasa lain dengan jumlah yang rata-rata sama tiga kali, yakni "Ibu Kota Nusantara (IKN)", "pertumbuhan ekonomi", serta "kepemilikan lahan".

Dalam kesempatannya berbicara saat debat, Muhaimin mengatakan perlu ada kepastian hukum yang jelas guna menciptakan rasa saling percaya bagi para investor demi menarik lebih banyak aliran investasi.

"Kedua, agar investasi bisa masuk untuk kalangan UMKM, kita harus menguatkan kapasitas dan kualitas dan meyakinkan memberikan fasilitas kemampuan pemasaran untuk meyakinkan calon investor," katanya.

Baca juga: Cak Imin: "Slepetnomics" solusi pembangunan ekonomi Indonesia

Muhaimin juga mengenalkan konsep slepetnomics yang dinilainya mampu menjadi solusi pembangunan ekonomi adil, sehingga berdampak merata untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Mantan menteri tenaga kerja dan transmigrasi itu menjelaskan konsep slepetnomics merupakan gagasan ekonomi yang sudah diuji oleh para pakar ekonomi dan berbasis pada pengalaman batin dan rasa.

"Ke depan, proyek yang menyedot begitu banyak uang rakyat, yang hanya untuk memenuhi selera tertentu, akan kami slepet," tegas Muhaimin.

Menurut dia, perekonomian juga harus mengedepankan pemerataan melalui pembangunan kota dan desa di seluruh Indonesia.

Sementara Muhaimin 17 kali menyebut "investasi", kata itu diucapkan delapan kali oleh cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan hanya enam kali oleh cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Baca juga: Cak Imin: Distribusi lahan untuk masyarakat perlu "political will"

Debat kedua untuk cawapres Pemilu 2024, Jumat malam, mengangkat tema meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

KPU menetapkan tiga pasangan calon peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Rangkaian debat Pilpres 2024 dijadwalkan masih berlangsung tiga kali lagi, yakni pada 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, serta 4 Februari 2024.

Baca juga: AMIN ke Jateng dan Yogyakarta di hari ke-26 kampanye

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023