Beijing (ANTARA) - Aktivitas nonmanufaktur China mempertahankan pertumbuhan pada November 2023 dengan indeks manajer pembelian (purchasing managers' index) untuk sektor itu mencapai 50,2.

Biro Statistik Nasional (National Bureau of Statistics/NBS) China pada Kamis (30/11), mengatakan angka di atas 50 mengindikasikan pertumbuhan, sementara angka di bawahnya mencerminkan kontraksi.

Subindeks untuk sektor jasa tercatat di angka 49,3 pada November, turun dari 50,1 pada Oktober, mengingat dampak liburan Festival Pertengahan Musim Gugur dan Hari Nasional telah melemah.

"Subindeks aktivitas bisnis untuk transportasi, akomodasi, jasa boga, dan hiburan menurun, mengingat basis pada Oktober yang tinggi," ujar ahli statistik senior NBS Zhao Qinghe.

Zhao menuturkan subindeks untuk layanan telekomunikasi, radio, televisi, dan transmisi satelit, layanan moneter dan keuangan, serta layanan pasar modal semua berada di atas angka 55.

Perusahaan-perusahaan mengantisipasi aktivitas jasa akan meningkat, dengan subindeks untuk ekspektasi bisnis naik menjadi 59,3, menguat dari 57,5 pada Oktober, yang menunjukkan optimisme kuat di kalangan perusahaan terkait pemulihan sektor ini di masa mendatang.

"Sektor konstruksi mempertahankan pertumbuhan yang kuat pada November, dengan subindeks untuk aktivitas bisnis di sektor ini berada di angka 55, naik dari 53,5 pada Oktober," urai Zhao.

Subindeks yang mengukur ekspektasi untuk aktivitas di sektor konstruksi berada di angka 62,6, mengindikasikan optimisme di kalangan perusahaan konstruksi.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023