Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Danpushidrosal) dan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) di Markas Komando Kolinlamil di Tanjung Priok, Jakarta, Senin.

Laksamana Ali, dalam upacara itu, menyaksikan serah terima jabatan Danpushidrosal dari Laksamana Madya TNI Nurhidayat ke Laksamana Muda TNI Budi Purwanto, sementara itu jabatan Pangkolinlamil diserahkan dari Laksamana Muda TNI Edwin ke Laksamana Pertama TNI Hudiarto Krisno Utomo.

“Pushidrosal maupun Kolinlamil telah banyak berkiprah dan memajukan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan TNI Angkatan Laut. Untuk Pushidrosal saat ini sudah menjadi anggota International Hydrographic Organization (IHO) dan termasuk yang dipandang di kawasan Asia-Pasifik maupun Asia Selatan, kemudian untuk Kolinlamil sendiri sudah banyak kinerja melaksanakan tugas-tugas pergeseran pasukan di seluruh Indonesia,” kata Laksamana Ali selepas upacara di Jakarta, Senin.

Dia melanjutkan TNI AL berharap kepada para pejabat baru dapat meningkatkan kinerja dan mencetak prestasi untuk kemajuan organisasi TNI AL, TNI, nasional dan di tingkat dunia.

“Untuk Pushidrosal sendiri, tugas-tugas atau yang belum dilaksanakan atau pekerjaan rumah, saya rasa hampir semua sudah dilaksanakan kerja sama dengan berbagai negara di kawasan maupun di berbagai negara di Eropa. Komandan Pushidrosal juga sering mengikuti kegiatan-kegiatan yang bersifat internasional,” kata Kasal.

Dia menambahkan kerja-kerja utama Pushidrosal, yaitu pemetaan dasar laut tetap terus berjalan. TNI AL juga berencana memperkuat alutsista Pushidrosal, baik dengan penambahan kapal survei baru atau bekerja sama mengawaki kapal survei yang dibeli oleh BRIN.

“Kemudian, untuk Kolinlamil sendiri, kami juga akan menambah alutsistanya. Jadi tahun ke tahun tentunya akan terus ditambah untuk alutsista memperkuat jajaran Angkatan Laut, baik itu Kolinlamil maupun Pushidrosal,” kata Laksamana Ali.

Pergantian pimpinan Pushidrosal dan Kolinlamil merujuk pada Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1286/XI/2023 pada 9 November 2023. Dalam SK itu, Laksamana Madya TNI Nurhidayat kembali ke Markas Besar TNI AL dalam rangka pensiun.

Sementara itu, Laksamana Muda TNI Edwin saat ini resmi bertugas sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasal menggantikan Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto. Laksda Iwan juga kembali sebagai perwira tinggi Mabes TNI AL dalam rangka pensiun.

Baca juga: Kasal lirik tiga negara untuk memasok pengganti BTR 50
Baca juga: Kasal tegaskan prajurit TNI AL netral dalam Pemilu 2024 
Baca juga: Kasal Muhammad Ali sebut dankormar layak diisi pati bintang tiga

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023