“NPHD ini adalah tanggung jawab hibah yang diberikan oleh pemerintah daerah dalam mendukung penyelenggaraan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) pada 2024,”
Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat telah menandatangani berita cara dan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) guna mensukseskan tahapan hingga penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) pada September 2024.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo saat dihubungi di Jayapura, Sabtu, mengatakan penandatanganan NPHD antara pemerintah daerah dan KPU berjalan dengan baik.

“NPHD ini adalah tanggung jawab hibah yang diberikan oleh pemerintah daerah dalam mendukung penyelenggaraan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) pada 2024,” katanya.

Menurutnya, dengan kondisi yang ada di Kabupaten Jayapura kini, tetapi pelaksanaan penandatanganan berita acara dan NPHD bisa bersepakat dan proses ini bisa berlangsung.

“Nilai atau dana hibah yang pemerintah daerah kepada KPU Kabupaten Jayapura sebesar Rp55 miliar,” ujarnya.

Dia menjelaskan penyerahan anggaran yang diberikan pemerintah daerah untuk tahapan Pemilukada saat ini hingga akhir Desember 2023 senilai Rp4 miliar.

“Sisanya dana hibah Rp51 miliar itu akan diserahkan pada 2024 untuk kelanjutan tahapan Pemilukada selanjutnya,” katanya.

Dia menambahkan sesuai aturan Permendagri Nomor 54 tahun 2019 dan perubahannya Permendagri Nomor 41 tahun 2022 tentang pemberian dana hibah 40 persen pada tahun anggaran 2023 dan 60 persen 2024.

“Namun, berdasarkan kondisi keuangan daerah maka dari Rp55 miliar untuk pembiayaan Pemilukada 2024 kita telah bersepakat (Pemda-KPUD) untuk membiayai semua tahapan di 2023 dengan nilai Rp4 miliar, sisa akan diberikan tahun depan,” ujarnya.

Penandatanganan berita acara dan NPHD antara Pemkab Jayapura dan KPUD setempat dilakukan oleh Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo dan Ketua KPUD Kabupaten Jayapura Daniel Mebri yang disaksikan Kepala Bappeda Parson Horota, Kepala Badan Kesbangpol A. Hamid Toffir di kediaman bupati, Jumat (10/11) 2023.

 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023