Jakarta (ANTARA) - Tim pembangunan Rumah Sakit (RS) Indonesia-Palestina membantah tuduhan Israel terkait keberadaan terowongan di tempat pelayanan kesehatan yang berlokasi di Jalur Gaza itu.

"Tidak benar tuduhan yang mereka (Israel) katakan terowongan itu bukan di RS Indonesia," kata Kepala Tim Pembangunan RS Indonesia Farid Thalib di Jakarta, Senin.

Farid menjelaskan, beberapa waktu lalu Israel menyiarkan beberapa foto yang dikatakan sebagai terowongan di Rumah Sakit Indonesia, padahal sejati nya bukan.

Dalam informasi yang disiarkan Israel menyebutkan bahwa tempat yang mereka maksud sebagai terowongan tersebut menjadi tempat yang diduga untuk melancarkan upaya kelompok tertentu di Palestina.

Informasi tersebut, menurut Farid, merupakan tuduhan serius yang tidak mendasar.

Hal ini dikarenakan Rumah Sakit yang dibangun dari hasil sumbangan seluruh rakyat Indonesia itu didirikan semata untuk misi kemanusiaan Palestina.

Baca juga: Indonesia minta Israel berhenti serang rumah sakit
Baca juga: RS Indonesia di Gaza minta Indonesia berikan perlindungan penuh


Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza menjadi harapan satu-satunya warga Palestina di Gaza utara.

Setidaknya menurut data terbaru yang diterima MER-C Indonesia, saat ini Rumah Sakit Indonesia sedang merawat 5 ribu warga sipil Palestina di Gaza, pascapenyerangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023.

Oleh sebab itu, Farid yang juga Presedium
Medical Emergency Rescue Committe
(MER-C) Indonesia ini menyatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Luar Negeri untuk mendesak pertanggungjawaban dari pihak penyebar informasi.

"Apapun yang terjadi rumah sakit tidak boleh diganggu karena alasan kemanusiaan," kata Farid.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyeru Israel menghentikan pembunuhan terhadap warga sipil dan menyerang fasilitas sipil seperti rumah sakit, masjid, dan gereja.

Berkaitan dengan Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Kemlu memastikan rumah sakit tersebut hingga kini masih beroperasi untuk merawat para korban konflik Israel-Hamas.

Pemerintah Indonesia memberikan bantuan sebanyak 51,5 ton berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda serta logistik sesuai kebutuhan yang diibutuhkan para korban perang di Gaza.

Baca juga: Kemlu konfimasi kepulangan keluarga Abdillah Onim ke Indonesia
Baca juga: Dubes Palestina berterima kasih setinggi-tingginya kepada Indonesia

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023