New York (ANTARA) - Wall Street berakhir lebih tinggi pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), karena investor memantau perkembangan terbaru terkait sektor perbankan setelah kesepakatan menyelamatkan Credit Suisse dan upaya bank sentral untuk meningkatkan kepercayaan pada sistem keuangan melegakan investor.

Indeks Dow Jones Industrial Average terangkat 382,6 poin atau 1,2 persen, menjadi menetap di 32.244,58 poin. Indeks S&P 500 bertambah 34,93 poin atau 0,89 persen, menjadi berakhir di 3.951,57 poin. Indeks Komposit Nasdaq menguat 45,03 poin atau 0,39 persen, menjadi ditutup pada 11.675,54 poin.

Semua 11 sektor utama S&P 500 berakhir dengan di zona hijau, dengan sektor energi dan material masing-masing naik 2,11 persen dan 2,01 persen, memimpin keuntungan.

Reli terjadi karena selera risiko meningkat setelah raksasa perbankan Swiss UBS setuju untuk mengakuisisi Credit Suisse yang kesulitan likuiditas. UBS pada Minggu(19/3/2023) setuju untuk membeli saingannya Credit Suisse senilai 3,23 miliar dolar AS, dalam merger yang dirancang otoritas Swiss untuk menghindari lebih banyak gejolak di grup perbankan itu.

Juga, bank-bank sentral utama lainnya bergerak pada Minggu (19/3/2023) untuk meningkatkan aliran uang tunai di seluruh dunia.

Indeks S&P Banking naik 0,6 persen dan indeks KBW Regional Banking naik 1,5 persen menyusul penurunan tajam minggu lalu.

Runtuhnya Silicon Valley Bank dan Signature Bank mengguncang pasar awal bulan ini, menyebabkan kerugian di saham-saham perbankan dan kekhawatiran bahwa pengetatan moneter bank sentral akan menciptakan resesi.

Baca juga: Wall Street berakhir turun tajam tertekan kekhawatiran penularan bank

Sementara beberapa saham bank masih lebih rendah pada Senin (20/3/2021), kelemahan tampaknya dapat diatasi, kata Quincy Krosby, kepala strategi global di LPL Financial di Charlotte, North Carolina.

Saham Credit Suisse yang tercatat di AS anjlok 53 persen pada Senin (20/3/2023), sementara saham Grup UBS naik 3,3 persen.

Bank regional First Republic Bank jatuh 47,1 persen menyusul penurunan peringkat oleh S&P Global dan laporan penggalangan dana lebih banyak yang memicu kekhawatiran tentang likuiditas bank meskipun penyelamatan 30 miliar dolar AS minggu lalu. Perdagangan saham bank dihentikan beberapa kali karena volatilitas.

Membantu optimisme, New York Community Bancorp melonjak 31,7 persen setelah unit bank setuju untuk membeli simpanan dan pinjaman dari Signature Bank.

"Di mana ada bank lain yang masuk, itu adalah judul yang membantu mendukung kepercayaan pada sistem perbankan," kata Krosby. "Ini membantu menghentikan kepanikan dan ketakutan."

Baca juga: Wall St ditutup menguat, penyelamatan First Republic bantu angkat bank

Di antara bank regional lainnya, PacWest Bancorp ditutup naik 10,8 persen setelah bank tersebut mengatakan arus keluar simpanan telah stabil.

Investor juga fokus pada keputusan Fed ketika pembuat kebijakan menyimpulkan pertemuan dua hari pada Rabu (22/3/2023). Sebelum gejolak bank awal bulan ini, banyak pelaku pasar telah mempertimbangkan kenaikan suku bunga 50 basis poin dari Fed pada pertemuan Maret.

Dana Fed berjangka sekarang menunjukkan kemungkinan 28,4 persen Fed akan mempertahankan suku bunga di 4,5 persen-4,75 persen, dan kemungkinan 71,6 persen untuk kenaikan 25 basis poin, menurut Alat FedWatch CME.

Volume perdagangan di bursa AS mencapai 12,48 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 12,60 miliar untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023