Gorontalo (ANTARA) - Polair Kepolisian Resor (Polres) Boalemo, Provinsi Gorontalo, menertibkan kapal asing (Yacht) di perairan Boalemo wilayah Kecamatan Tilamuta.

"Kami melakukan patroli rutin dan menemukan tiga unit kapal asing yang memasuki wilayah Kecamatan Tilamuta perairan Boalemo, sekitar pukul 11.00 WITA," kata Kasat Polair Polres Boalemo, Iptu Mahyudin Thalib, di Gorontalo, Minggu.

Patroli tersebut dilakukan di jalur perairan Pulau Mohupomba, bersama pihak Dit Polair Polda Gorontalo, Lanal Boalemo, Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) wilayah Tilamuta.

"Kami mengecek langsung keberadaan kapal tersebut, serta para penumpang. Termasuk memeriksa dokumen perjalanan pemilik kapal asing asal Selandia Baru dan Australia tersebut," katanya.

Diketahui, total penumpang di tiga kapal tersebut, sebanyak 11 orang. Mereka kata Mahyudin, memiliki hubungan keluarga.

Dari hasil pengawasan dan pemeriksaan, tiga kapal pesiar itu, terdiri dari satu kapal berbendera Selandia Baru dan dua kapal berbendera Australia.

"Kami tidak menemukan pelanggaran keimigrasian," katanya.

Mereka berlayar dari Pulau Saumlaki ke Gorontalo, dan singgah melapor ke Kantor Imigrasi Kota Gorontalo, terkait pengurusan dokumen perjalanan, sejak Jumat (27/1).

Sesuai keterangan dari satu orang asing pemilik kapal, pada Jumat malam, mereka melanjutkan perjalanan dari Kota Gorontalo menuju perairan Boalemo, dan memilih menginap di Pulau Mohupomba sejak Sabtu (28/1) dini hari.

Selanjutnya, pada Senin (30/1) akan melanjutkan perjalanan menuju Pulau Togean.
 
Patroli gabungan Polair Polres Boalemo, Provinsi Gorontalo, melakukan pengawasan dan pemeriksaan tiga unit kapal asing (Yacht) di Pulau Mohupomba, perairan Boalemo, pada Minggu (29/1/2023). (ANTARA/HO-Polair Boalemo)

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023