Yogyakarta (ANTARA News) - Robot karya mahasiswa diharapkan tidak sekedar karya untuk tujuan mengikuti kejuaraan tetapi juga benar-benar bermanfaat bagi ekonomi dan industri, kata Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Joko Santoso.

"Dengan demikian, hasil karya robotika para mahasiswa itu tidak hanya berhenti pada sisi kejuaraan, tetapi juga ditindaklanjuti untuk kepentingan kedua bidang tersebut," katanya di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia pada pembukaan Kontes Robot Nasional (KRN) 2011, dengan keterlibatan dan dukungan dunia industri pada pengembangan robot itu, di masa depan pengembangan robotika di Indonesia diperkirakan akan semakin maju.

"Bagi kontingen dan mahasiswa yang menang pada kompetisi tersebut kami berharap dapat menunjukkan kekuatannya di kancah internasional. Di era persaingan yang ketat seperti saat ini kita harus terus berusaha agar dapat menunjukkan kekuatan kita di tingkat global pada bidang robotika," katanya.

Rektor UGM Sudjarwadi mengatakan, KRN 2011 diharapkan dapat dijadikan sarana mengembangkan dan memajukan dunia robotika di Indonesia.

"Kontes itu diharapkan juga dapat menjadi ajang untuk melatih sikap siap berkompetisi secara profesional bagi para mahasiswa. Melalui kompetisi itu akan tercipta para pemimpin bangsa yang berkualitas," katanya.

Ketua Panitia KRN 2011 Muhammad Arif Wibisono mengatakan, kegiatan bertema "Jogja Robot Under Attack" itu menampilkan 101 tim dari 51 perguruan tinggi.

Tim tersebut merupakan juara 1-3 di tingkat regional, yakni Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, dan Indonesia Timur.

Menurut dia, KRN 2011 mempertandingkan kategori Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) beroda, berkaki, dan "battle", dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

KRI bertema Larungan. Pemenang kategori itu akan mewakili Indonesia dalam kontes robot internasional ABU Robocon 2011 di Thailand.

Ia mengatakan, KRCI beroda dan berkaki bertema Robot Pemadam Api dan KRCI "battle" bertema Robot Pemain Bola. Pemenang kontes itu akan mewakili Indonesia di ajang kontes robot di Meksiko.

"KRSI bertema Robot Penari Klono Topeng, yang menampilkan robot yang akan meniru penari Klono Topeng dari Yogyakarta," katanya.

(B015*H010/R007)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011