Jakarta (ANTARA News) - Ganda putra lapis kedua Pelatnas Angga Pratama/Ryan Agung Saputra harus puas menjadi "runner-up" setelah gagal mengatasi unggulan keempat asal Jepang Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata pada final India Terbuka Super Series, Minggu malam.

Pada partai terakhir final turnamen berhadiah 200.000 dolar AS yang berlangsung di New Delhi tersebut, Angga/Ryan kalah dua game langsung 17-21, 21-9 dari ganda Jepang peringkat 10 dunia itu.

Perebutan gelar di India tersebut adalah final Super Series pertama bagi Angga/Ryan yang saat ini berperingkat 45 dunia. Hasil terbaik mereka pada Super Series sebelumnya adalah mencapai babak 16 besar.

"Ini pertama kali kami masuk final, di Super Series pula, jadi sedikit grogi. Pada final suasananya berbeda," ujar Ryan usai pertandingan.

Ia mengaku tidak puas dengan hasil tersebut karena menilai penampilan sebelum mencapai final jauh lebih baik, dan bertekad meraih hasil yang lebih baik di waktu mendatang. "Ini antiklimaks bagi kami, karena kemarin-kemarin main bagus," katanya.

Sebelumnya, Indonesia sudah meraih gelar melalui final antara ganda campuran, saat pasangan unggulan keempat Tontowi Ahman/Liliyana Natsir mengalahkan unggulan ketiga Fran Kurniawan/Pia Zebadiah 21-18, 23-21.

"Kami bersyukur bisa bermain baik, tetapi memang belum rezeki. Pengalaman Liliyana juga sangat berpengaruh pada pertandingan tadi. Hasil tersebut membuat kami lebih termotivasi," ujar Fran mengakui keunggulan lawannya.

Juara tunggal putra diraih pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei dari Malaysia yang mengalahkan unggulan ketiga Peter Gade dari Denmark 21-12, 12-21, 21-15, yang menjadi gelar ketiga Chong Wei tahun ini setelah All England dan Malaysia Super Series, dan memperpanjang rekor pertemuannya dengan Peter menjadi 12-1.

Sementara mahkota tunggal putri diraih pemain Thailand Porntip Buranaprasertsuk yang mengungguli unggulan ketiga Bae Youn Joo dari Korea 21-13, 21-16.

Selain gelar ganda putra, Jepang juga memenangi gelar ganda putri melalui final sesama pemain Jepang antara unggulan pertama Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna dengan unggulan kedua Mizuki Fujii/Keika Kakiiwa. Miyuki/Satoko menang dengan skor 26-24, 21-15 dalam pertandingan terlama pada final, satu jam 10 menit.(*)
(F005/ANT)


Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011