Jakarta (ANTARA News) - Pasangan muda Angga Pratama/Ryan Agung Saputra untuk pertamakalinya mencapai perempat final turnamen Super Series setelah mengalahkan sesama ganda pelatnas Bona Septano/Mohammad Ahsan di India Terbuka, Kamis.

Angga/Ryan, pasangan peringkat 45 dunia, bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan unggulan kedua Bona/Ahsan 16-21, 21-16, 21-15 pada babak 16 besar turnamen yang berlangsung di New Delhi tersebut.

"Permainan mereka tadi sedang bagus-bagusnya, mereka juga lebih menguasai lapangan karena sudah sempat main sebelumnya," kata Bona tentang kekalahannya. Bona/Ahsan baru mengawali turnamen tersebut karena sebelumnya mendapat bye pada putaran pertama.

Kemenangan tersebut membawa Angga/Ryan maju ke perempat final untuk bertemu unggulan keenam asal Jepang Naoki Kawamae/Shoji Sato yang mengalahkan Chan Peng Soon/Tan Wee Kiong dari Malaysia juga dalam tiga game 21-15, 20-22, 21-15.

Pasangan Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan juga meraih tempat pada babak delapan besar setelah menang atas pasangan tuan rumah unggulan delapan Rupesh Kumar/Sanave Thomas 21-19, 21-12.

Semifinalis India GP Gold tahun lalu itu akan memperebutkan satu tempat di semifinal dengan pasangan unggulan keempat asal Jepang Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata yang menyisihkan ganda putra Thailand Patipat Chalardchaleam/Nipitphon Puangpuapech 21-9, 21-15.

Pasangan unggulan ketiga Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan juga maju ke ke perempat final setelah mengantungi kemenangan 12-21, 21-15, 21-16 atas pasangan Malaysia Mohd Zakry Abdul Latif/Hoon Thien How.


Empat pasangan lolos

Pada ganda campuran, empat pasangan Indonesia masih bertahan dengan dua di antaranya akan bertarung memperebutkan satu tempat di semifinal.

Pasangan unggulan keempat Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang baru bertanding setelah mendapat bye pada putaran pertama, menang 21-8, 16-21, 21-14 atas pasangan Korea Cho Gun Woo/Kim Min Seo.

"Game kedua kami agak lengah dan belum menguasai arah angin sehingga banyak melakukan kesalahan sendiri," ujar Liliyana mengenai game kedua yang dimenangi lawan.

Selanjutnya mereka akan bertemu mantan senior mereka di Cipayung Nova Widianto/Vita Marissa pada perempat final setelah Nova/Vita membukukan kemenangan atas pasangan Korea lainnya Kim Sa Rang/Jang Ye Na 21-12, 21-15.

Dua ganda campuran Pelatnas lainnya yang juga maju ke perempat final adalah unggulan ketujuh Muhammad Rijal/Debby Susanto dan unggulan ketiga Fran Kurniawan/Pia Zebadiah.

Pelatih ganda campuran Pelatnas Richard Mainaky mengaku cukup puas dengan penampilan tiga ganda campuran Pelatnas yang berhasil mencapai target perempat final.

"Penampilan tiga ganda campuran cukup memuaskan dan target minimal tembus delapan besar sudah tercapai," katanya.

Jika sektor ganda berjaya pada hari kedua babak utama turnamen berhadiah 200.000 dolar AS tersebut, sektor tunggal kembali terpuruk dengan kehilangan dua tunggal putri setelah Lindaweni Fanetri kalah oleh unggulan ketiga asal Korea Bae Youn Joo 15-21, 10-21 dan Aprilia Yuswandari menyerah kepada unggulan ketujuh Yao Jie dari Belanda 10-21, 21-19, 10-21.

Taufik Hidayat menjadi satu-satunya pemain tunggal Merah Putih yang masih bertahan dengan membukukan tempat di babak delapan besar setelah menundukkan pemain India P Kashyap 21-17, 21-19, untuk bertemu unggulan keenam Park Sung Hwan dari Korea.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011