Washington (ANTARA News) - Militer Amerika Serikat telah melancarkan lebih dari 800 serangan kejutan dari udara Libya, kata Departemen Pertahanan AS Selasa.

Kapten Angkatan Laut Darryn James mengatakan bahwa jet-jet tempur AS bulan ini telah meluncurkan delapan kali bom terhadap pertahanan udara Muamar Gaddafi.

"AS telah mengalirkan lebih dari 800 serangan kejutan untuk membantu Operasi Unified Protector sejak 1 April, dan dari jumlah itu, lebih dari 150 merupakan misi SEAD (Suppresi atas Pertahanan Udara Musuh)," kata James, seorang juru bicara Pentagon.

Washington  mengkoordinasikan operasi pada hari-hari pertama intervensi sekutu di Libya setelah Dewan Keamanan PBB menyetujui aksi militer internasional untuk merintangi serangan oleh pasukan Gaddafi terhadap kota-kota yang telah dikuasai oleh pemberontak.

AS mengalihkan komando pada aliansi militer Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) awal bulan ini. Pada hari Senin, sebuah jet tempur F-16CJ Amerika telah "menjatuhkan bom  di sekitar Tripoli dalam satu misi SEAD", ujar James.
(S008/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011