Dalang di luar negeri rindu tampil di Indonesia yang masih memiliki ruang untuk pentas seni tradisi
Bandung (ANTARA News) - Sejumlah dalang mancanegara mendambakan dapat menampilkan kebolehannya di hadapan publik di Indonesia sebagai wujud kecintaan dan kerinduannya akan wayang sebagai salah satu kekayaan budaya nasional dan internasional.

"Dalang mancanegara mendambakan tampil di Indonesia, tanah kelahiran wayang. Mereka selalu kontak," kata Direktur Bandung Wayang Festival, Bambang Wijayanto di Bandung, Selasa.

Menurut Bambang sejumlah pelaku seni sejenis wayang di sejumlah daerah seperti Eropa, Asia Timur menyatakan minatnya untuk tampil di Indonesia, khususnya di Bandung.

Wayang saat ini sudah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO, sehingga Indonesia merupakan tanah kelahiran wayang yang selama ini tetap eksis melahirkan karya dan pelaku pertunjukan wayang.

Untuk itu, Bandung Wayang Festival 2011 menyediakan ruang bagi dalang mancanegara untuk manggung. Beberapa diantaranya menampilkan karya mereka melalui tayangan digital maupun animasi.

"Dalang di luar negeri rindu tampil di Indonesia yang masih memiliki ruang untuk pentas seni tradisi itu, di negara mereka lebih banyak orang mensponsori band modern," kata Bambang.

Khusus bagi Jawa Barat yang sejumlah jenis wayang seperti wayang golek, pantun, kulit dan lainnya memiliki potensi untuk mengangkat potensi daerah di pentas internasional.

"Saya kira saatnya sekarang wayang golek mengambil estafet wayang di Indonesia, sekaligus memastikan bisa mendorong sebagai industri yang bisa dikembangkan," kata Bambang Wijayanto menambahkan.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011