Jakarta (ANTARA) - Mallorca menjaga asa terhindar dari degradasi setelah melumat tamunya Celta Vigo 5-1 dalam laga pekan ke-33 di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Visit Mallorca, Rabu dini hari WIB ini.

Kemenangan itu memang belum cukup mengentaskan Mallorca dari zona degradasi dan tim besutan Vicente Moreno itu masih tertahan pada urutan ke-18. Namun, kini Mallorca mengoleksi 29 poin atau hanya lima poin di bawah Celta (34) yang juga tertahan pada urutan ke-17, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Baca juga: Bilbao hidupkan asa Eropa sembari redupkan harapan Mallorca bertahan

Pertandingan baru berlangsung tujuh menit ketika wasit Ricardo de Burgos Bengoecha menunjuk titik putih menyusul pelanggaran Santi Mina terhadap Dani Rodriguez di dalam kotak penalti Celta.

Wasit sempat berkonsultasi dengan VAR sebelum Ante Budimir mengeksekusi tendangan penalti dengan baik untuk membawa Mallorca unggul pada menit ke-13.

Celta berusaha membalas, tetapi tembakan kaki kiri Filip Bradaric dan sundulan Jeison Murillo masih bisa dimentahkan kiper Manolo Reina.

Mallorca menggandakan keunggulan pada menit ke-27 melalui sepakan kaki kanan Cucho Hernandez, yang ditambah lagi oleh Alejandro Pozo lima menit jelang turun minum membuat tuan rumah unggul 3-0 atas Celta.

Babak kedua diawali dengan hadiah tendangan penalti untuk tim tamu setelah Mina ganti dijatuhkan oleh Pozo di dalam kotak penalti Mallorca.

Baca juga: Celta ganggu laju Barcelona dalam perburuan juara

Kapten Iago Aspas mengeksekusi tendangan penalti dengan sempurna untuk memperkecil ketertinggalan Celta 1-3 pada menit ke-50.

Akan tetapi, dua menit kemudian, Mallorca sukses merestorasi marjin tiga gol ketika Budimir mencetak gol keduanya dengan sepakan kaki kiri yang tak bisa dihalau kiper Ruben Blanco.

Gol kelima Mallorca lahir pada menit ke-60 melalui tembakan jarak jauh Salva Sevilla, memanfaatkan umpan kiriman Takefusa Kubo yang mencatatkan assist keduanya dalam laga ini.

Mallorca akan melanjutkan perjuangan mereka menghindari degradasi dengan bertandang ke Atletico Madrid Jumat pekan ini, sedangkan Celta baru tampil sehari berselang menjamu Real Betis di Balaidos.

Baca juga: Dwigol Jaime Mata antar Getafe atasi Sociedad
Baca juga: Valencia pecat Albert Celades


Susunan pemain:

Mallorca (4-3-3): Manolo Reina; Alejandro Pozo, Martin Valjent, Julio Pleguezuelo, Lumor Agbenyenu (Fran Gamez); Dani Rodriguez (Febas), Iddrisu Mohammed, Salva Sevilla (Aleksandar Trajkovski); Takefusa Kubo (Junior Lago), Ante Budimir (Pablo Chavarria), Cucho Hernandez
Pelatih: Vicente Moreno

Celta Vigo (4-3-3): Ruben Blanco; Kevin Vazquez (Gabriel Fernandez), Jeison Murillo, Nestor Araujo, Lucas Olaza; Rafinha (Joseph Aidoo), Filip Bradaric, Okay Yokuslu (Fedor Smolov); Santi Mina (Brais Mendez), Iago Aspas, Denis Suarez (Nolito)
Pelatih: Oscar Garcia

Baca juga: Jurado tinggalkan Camp Nou hijrah ke Old Trafford
Baca juga: Barcelona, Juventus resmi umumkan tukar tambah Arthur dengan Pjanic

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020