Banda Aceh (ANTARA) - Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menjanjikan paket umrah, kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Aceh yang mendonorkan darahnya sepuluh kali.

“Salah satu cara menyemangati ASN untuk mendonor darah adalah saya akan memberi bonus Umrah kepada ASN yang paling cepat menyentuh angka 10 kali, usai diluncurkannya Gerakan Donor Darah ASN tahap kedua hari ini. Hadiah umrahnya sepasang, untuk suami istri,” kata Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya usai Kegiatan Video Conference dengan Ketua Umum PMI Pusat Muhammad Jusuf Kalla dan Sekretaris Jenderal PMI Pusat Sudirman Said dan peluncuran donor darah tahap dua di Meuligoe Gubernur Aceh, Banda Aceh.

Baca juga: Bantu penuhi stok darah PMI Polri sumbang 29.722 kantong darah

“Niat saya dan niat kita semua tentu sama, yaitu mendonorkan darah, hanya itu. Setetes darah kita adalah kehidupan bagi orang lain,” kata Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Dalam meluncurkan Gerakan Donor Darah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Aceh Tahap Kedua, Nova Iriansyah memberikan apresiasi kepada seluruh SKPA yang telah berkontribusi dalam kegiatan tersebut.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Kepala SKPA dan jajaran, yang telah berpartisipasi dengan sukarela dalam gerakan sosial ini,” katanya.

Ia berharap dengan peluncuran Gerakan Donor Darah ASN Pemerintah Aceh Tahap kedua, dapat berjalan sukses dan menginspirasi masyarakat luas untuk turut mendonorkan darahnya.

Baca juga: Instruksi Kasad, TNI AD gelar donor darah bantu pasok stok di RSPAD

Ketum PMI Pusat Muhammad Jusuf Kalla mengapresiasi Gerakan Donor Darah ASN Pemerintah Aceh, yang diinisiasi oleh Plt Gubernur dan Sekda Aceh.

“Secara pribadi dan atas nama organisasi PMI, saya mengapresiasi respon Plt Gubernur bersama Sekda Aceh terhadap kelangkaan darah di masa pandemi COVID-19, dengan menginisiasi Gerakan Donor Darah ASN Pemerintah Aceh,” kata mantan Wakil Presiden RI itu.

JK mengatakan donor darah adalah bentuk kasih sayang Allah yang menguntungkan kedua belah pihak, di mana yang memberi sehat yang menerima sembuh.

“Para pendonor akan tetap sehat karena sirkulasi darahnya terus diperbaharui secara alami, dan penerima donor, Insya Allah akan sembuh dengan asupan darah yang kita donorkan. Ini adalah salah satu Rahmat yang Allah berikan kepada kita umat manusia,” kata JK.

JK juga menjelaskan, bahwa dalam dunia medis, darah adalah satu-satunya elemen yang tidak bisa diduplikasi dan salah satu upaya memenuhi kebutuhan darah hanya satu, yaitu dengan donor darah.***3***

Baca juga: PMI berikan trauma healing untuk anak imigran Rohingya di Aceh
Baca juga: JK minta seluruh PMI bekerja ekstra tangani pandemi COVID-19
Baca juga: JK: Perlu kebersamaan seluruh pihak tangani COVID-19 di Kalsel

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020