Jakarta (ANTARA) - Musim balapan tahun ini menawarkan Lewis Hamilton kesempatan untuk menyamai rekor juara dunia Formula 1 tujuh kali Michael Schumacher ketika pawai "jet darat" restart di Austria akhir pekan nanti setelah tertunda pandemi sejak Maret.

Gelar ketujuh akan menjadi capaian fantastis bagi sang pebalap asal Britania Raya itu, namun di samping itu, terdapat sejumlah rekor lain yang bisa dipecahkan Hamilton tahun ini.

Berikut sejumlah peluang rekor yang ada di depan mata Hamilton, seperti dilansir Reuters:

7 - Pebalap legendaris Ferrari Schumacher memegang rekor juara dunia terbanyak dan Hamilton bisa menyamainya jika mampu berjaya dalam musim balap di tengah pandemi COVID-19 kali ini. Sementara Mercedes berpeluang memecahkan gelar konstruktor ketujuh secara beruntun, mengalahkan Ferrari yang memegang rekor enam kali.

Baca juga: Mercedes tampil dengan livery hitam musim ini untuk lawan rasisme
Baca juga: Tantangan terbesar balapan F1 di bawah protokol COVID-19


8 - Schumacher delapan kali memenangi Grand Prix yang sama. Hamilton saat ini memenang tujuh trofi di Kanada, yang belum masuk kalender tahun ini, dan Hungaria, seri ketiga di kalender revisi.

Grand Slams - Hamilton sejauh ini sudah enam kali mencatatkan torehan Grand Slams alias memulai balapan dari pole position, memimpin di setiap lap, menjuarai balapan dan menorehkan catatan lap tercepat di balapan yang sama. Jika musim ini Hamilton mampu membukukan dua catatan Grand Slams maka ia bakal berdiri setara dengan mendiang Jim Clark yang memegang rekor delapan kali.

13 - Schumacher dan Sebastian Vettel saat ini masih mencatatkan rekor jumlah kemenangan balapan semusim terbanyak yakni 13 kali dan Hamilton sejauh ini hanya punya catatan terbaik memenangi 11 balapan saja. Untuk yang satu ini, Hamilton harus memastikan tampil prima di tiap seri, mengingat di tengah pandemi F1 hanya melombakan 15-18 balapan dari 22 yang semula dijadwalkan.

19 - Saat ini, Hamilton berbagi rekor dengan pebalap legendaris Ayrton Senna dalam urusan memenangi balapan dengan memimpin tiap lap sebanyak 19 kali. Jika musim ini ia bisa mencatatkan satu saja kemenangan seri dengan memimpin sepanjang balapan, maka pebalap Inggris itu akan menguasai rekor tersebut sendirian.

33 - Finis dengan poin secara beruntun. Rekor yang dipegang Hamilton, yang terakhir kali gagal meraih poin di Austria pada 2018.

Baca juga: Renault boyong tiga paket "upgrade" mobil di seri pembuka di Austria
Baca juga: Williams tampil dengan livery baru di seri pembuka Formula 1


65 - Mengunci dua posisi start terdepan. Ferrari masih menjadi tim terbanyak yang sukses di kualifikasi, sementara Mercedes terpaut satu dengan 64 kali "front lockouts".

88 - Pole position. Rekor yang masih dipegang Hamilton, pole ke-88 ia raih di Abu Dhabi, November tahun lalu.

91 - Schumacher memiliki jumlah kemenangan Grand Prix terbanyak. Sang pebalap Jerman terakhir kali menjuarai balapan di China, 2006. Hamilton akan memulai musim ini dengan rekor 84 kemenangan. Dia rata-rata menjuarai 10 balapan di setiap musimnya dalam enam tahun terakhir.

155 - Finis podium. Lagi-lagi rekor yang masih dipegang Schumacher, namun Hamilton tak jauh tertinggal dengan 151 kali finis di tiga teratas.

250 - Start konsekutif, rekor yang dipegang Hamilton saat ini.

Baca juga: F1 bakal tanpa penonton, Hamilton kangen penggemar
Baca juga: Formula 1 tiadakan perayaan podium karena pandemi

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020