Doha (ANTARA News/AFP) - Sebuah gol dari kapten Server Djeparov memberi kemenangan Uzbekistan 2-1 atas Kuwait dan sekaligus mengantar tim itu masuk perempatfinal Piala Asia, Rabu.

Djeparov Djeparov menjebol gawang Kuwait melalui tendangan first-time dari jarak 20 yard pada menit ke-65, sehingga Uzbekistan mencetak rekor tak terkalahkan di Grup A setelah melibas tuan rumah Qatar 2-0 pada pertandingan pembukaan mereka.

Uzbekistan membuka keunggulan awal pada babak pertama menit ke-41 melalui tembakan Azizbek Haydarov yang tidak mampu ditahan kiper Kuwait Maksim Shatskikh, sebelum Bader Al Mutwa menyamakan kedudukan melalui tembakan penalti pada menit ke-49.

"Saya sangat senang bisa mengalahkan Kuwait hari ini, saya pikir kami telah membuat kejutan di sini," kata pelatih Uzbekistan Vadim Abramov.

"Saya berharap Uzbekistan bisa menjadi juara, tapi masih banyak tim-tim bagus di sini, seperti Australia, Korsel, Jepang dan Iran," tambahnya.

Kemenangan itu sekaligus menempatkan Uzbekistan meraih enam poin setelah dua pertandingan dan mereka tidak akan terkejar oleh Qatar yang akan menghadapi China pada pertandingan selanjutnya, Rabu.

Sementara itu dengan kekalahannya Kuwait akan tersingkir jika China mampu paling tidak meraih satu poin saat melawan tim tuan rumah.

"Saat ini perasaan saya kurang baik," kata pelatih Kuwait Goran Tufegdzic.

"Kami kalah di dua pertandingan, tapi kami masih punya pertandingan terakhir melawan Qatar, target kami adalah masuk putaran kedua, tapi sekarang kami harus tersingkir, apa yang bisa kami lakukan? ini sepakbola," katanya. (A020/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011