Meksiko City (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Polisi Meksiko berhasil menahan Jose Antonio Medina Reguin alias Don Pepe, bandar narkoba kelas kakap, dengan tuduhan melakukan penyelundupan sejumlah besar heroin ke Amerika Serikat (AS), demikian laporan televisi setempat, Kamis.

Medina, yang juga bernama panggilan `Raja Heroin`, dilaporkan dikirimkan ke Meksiko City timur dengan dikawal oleh para perwira berpakaian biasa namun bersenjata berat.

Perwira polisi federal, Ramon Pequeno Garcia, kepala seksi ketiga Kepolisian Federal, mengatakan kepada media, bahwa Medina dituduh menyelundupkan 200 kilogram heroin setiap bulan, dengan pendapatan sekitar 12 juta dolar.

Penangkapannya adalah hasil dari `penyelidikan yang dilakukan oleh kepolisian federal," kata Pequeno.

Pequeno mengatakan kepada media, bahwa Medina, 33 tahun, adalah pelaku penyelundupan tanpa bantuan kartel besar.

Dia dituduh mengirimkan obat-obat terlarang itu ke Amerika Serikat di dalam bagian-bagian tersembunyi kendaraan, yang dia gunakan untuk melintasi perbatasan.

Dia dituduh berkomplot dengan beberapa logistik La Familia, sebuah kartel yang bermarkas di provinsi Meksiko barat, Michoacan.

Meksiko mulai memproses prosedur untuk mengekstradisi Medina ke Amerika Serikat, di mana dia diduga akan menjadi penyelundup heroin tunggal terbesar yang pernah ditangkap.
(T.H-AK/H-AK/M043/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010