Sukabumi (ANTARA News) - Khadijah Azhari yang lebih dikenal dengan nama Ayu Azhari, mangkir dari panggilan tim verifikasi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terkait menjelang pemilihan bupati daerah itu.

"Ketidakhadiran Ayu Azhari disebabkan Ayu Azhari memiliki kesibukan lain yang sedang shooting di luar kota," kata Ketua Tim Verifikasi Balon PDIP, Agus Sunardi, di Sukabumi, Minggu.

Namun, lanjut dia, dengan ketidakhadiran Ayu dalam verifikasi ini menjadi bahan pertimbangan partainya untuk mengajukan berkas pencalonan Ayu Azhari ke tingkat DPD PDIP Jawa Barat dan DPP PDIP.

"Verifikasi ini wajib diikuti oleh setiap balon yang mendaftar kepada kami. Karena dalam verifikasi tersebut, setiap balon harus melengkapi persyaratan administrasi yang kami siapkan," ujarnya seraya memberikan waktu kepada kepada Ayu Azhari hingga hari Rabu, (13/1) mendatang.

Menurut dia, bila Ayu tetap tidak datang maka pihaknya akan melakukan tindakan tegas kepada pihak Ayu Azhari karena pihaknya menginginkan ada keseriusan dari seluruh balon tentang kesiapan untuk maju dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu Kada) Kabupaten Sukabumi Mei 2010 nanti.

Agus yang juga Seketaris PDIP Kabupaten Sukabumi, menjelaskan, berkas verifikasi ini akan diserahkan ke pihak DPD PDIP Jawa Barat dan DPP PDIP untuk dilakukan verifikasi kembali dan akan menjadi bahan pertimbangan DPP PDIP untuk memunculkan siapa nama calon bupati dan wakil bupati yanga maju dari PDIP.

"Berkas verifikasi sangat penting karena dalam berkas tersebut terlihat suatu bukti keseriusan para balon untuk maju. Tetapi, jika berkas persyaratan tidak bisa dipenuhi oleh balon, bagaimana pihak DPD dan DPP PDIP untuk mempertimbangkan balon tersebut untuk maju," paparnya.

Ia mengatakan, nantinya ada delapan nama balon yang berkasnya akan diserahkan ke DPD PDI Jabar dan DPP PDIP, yakni empat balon bupati dan empat balon wakil bupati.

Salah satu balon wakil bupati dari PDIP, Dudun Sudrajat, mengatakan, pihaknya sudah melengkapi berkas persyaratan yang diajukan oleh PDIP seperti ada 1.000 dukungan yang rill secara tertulis dari warga.

"Semua berkas persyaratan sudah saya lengkapi. Berkas ini akan saya serahkan kembali pada Rabu (13/1) nanti," ujarnya.

Menurut dia, semua balon yang mendaftar ke PDIP mempunyai peluang yang sama besar dan dirinya tidak khawatir atas nama besar Ayu Azhari karena PDIP merupakan partai besar yang lebih mengutamakan demokratis.

"Siapa pun balon yang mendaftar ke PDIP mempunyai peluang yang sangat besar untuk menjadi calon dari PDIP," kata Dudun.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010