Jakarta (ANTARA News) - Nasib tim sepak bola Indonesia di SEA Games XXV Laos harus terhenti di babak penyisihan grup B setelah ditaklukkan Myanmar 1-3 di Stadion Utama Vientiane Laos, Kamis.

Hasil ini membuat Indonesia semakin terjerembab di dasar klasemen Grup B.

Seperti dikutip dari Bidang Media PSSI, tampil tanpa tiga pemain pilarnya yang cedera, Indonesia langsung dikejutkan oleh gol cepat Myanmar pada menit ke-6.

Gol ini tercipta melalui titik penalti yang dieksekusi dengan sempurna oleh Tun Tun Win. Penalti diberikan wasit Kim Jong Beok kepada Myanmar setelah terjadi pelanggaran di kotak penalti Indonesia yang dilakukan oleh Ruben Karel.

Permainan Indonesia sepanjang babak pertama sebenarnya tak begitu buruk. Beberapa kali terjadi peluang bagi tim merah putih, diantaranya melalui Rendi. Sayang, tak ada yang berbuah gol. Hingga babak pertama usai, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Myanmar.

Myanmar kembali menggebrak di awal babak kedua. Baru tujuh menit berjalan, Pai Foe berhasil menerjang gawang Indonesia yang dikawal oleh Frenky Irawan. Kondisi ini membuat para pemain Indonesia sempat panik. Namun perlawanan keras masih tetap bisa dilancarkan oleh Tony Sucipto dkk.

Usaha Indonesia akhirnya membuahkan hasil. Pada menit ke-72, gelandang Persipura Jayapura, Stevi Bonsapia memperkecil kedudukan menjadi 1-2. Semangat menggelora untuk mengejar ketinggalan semakin terlihat. Sayang, ditengah upaya keras tersebut, Myanmar malah berhasil menambah skor lagi menjadi 3-1 pada menit ke 81 melalui Moe Win.

Usai pertandingan, Ketua Umum PSSI Nurdin Halid yang menyaksikan langsung pertandingan tak bisa menyembunyikan kekecewaannya. Namun ia tetap memberikan apresiasi atas perjuangan para pemain di lapangan.

"Para pemain sebenarnya tampil bagus. Mereka juga bisa mendominasi pertandingan. Tapi entah mengapa pemain kita seperti sulit mencetak gol," kata Nurdin Halid.

Hasil yang diperoleh Indonesia pada SEA Games kali ini lebih buruk dari edisi sebelumnya. Hanya satu poin yang diperoleh dari tiga pertandingan, tatkala menahan imbang Singapura. Dua pertandingan lainnya berakhir dengan kekalahan.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009