Jakarta (ANTARA News) - Honda Civic Type R mengusung engine turbo 2000 cc, cocok bagi mereka yang mencintai kecepatan, menurut Manager Service Division PT Honda Prospect Motor (HPM), Muhammad Zuhdi. 


"Honda membuat teknologi berbeda, tidak hanya bicara kecepatan, tetapi juga efisiensi bahan bakar bagus. Power 310 PS. Efisiensi bahan bakar irit sampai 20 persen," tutur dia di Jakarta, Sabtu. 


Mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal sebesar 310 PD pada 6500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm pada 2500-4500 rpm. 


Menurut Zuhdi, turbo bekerja secara simultan sesuai kondisi mesin dan pengemudi bisa merasakannya. 


Kemudian, keluaran terbaru Honda berjenis sport car itu dilengkapi sistem Rev Match, sehingga tarikan kendaraan akan menyesuaikan kondisi berkendara. 


"Kami juga mengakomodir tiga kondisi pengendaraan: comfort, sport dan +R. Saat diposisikan ke mode tertentu mesin akan atur kekerasan suspensi. Karena setiap suspensi punya sensor, selenoid untuk atur tingkat kekerasan suspensi," papar Zuhdi. 


Selain itu ada satu fitur berbeda dari keluaran Honda lainnya yakni engine oil indicator yang diinformasikan melalui dashboard. 


"Penggantian oli berpatokan pada engine oil life indicator di meter display. Jaringan bengkel honda siap melaksanakan hal itu," tutur dia. 


Untuk fitur keselamatan, Honda Civi Type R dibekali enam air bag yang tersemat di depan dan samping mobil serta tambahan pada sistem pengereman. 


"Sekarang six air bag (depan dan samping), tambahan pada sistem pengereman, biasanya piston 2 sekarang 4, supaya tingkat laju pengereman maksimal," kata Zuhdi. 

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017