Jakarta (ANTARA News) - Kepala Pusat Data, Informasi dan Kehumasan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan para pengungsi letusan Gunung Agung di Bali telah kembali dari pengungsian.

"Kondisi terakhir pada Selasa (19/9), para pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing dan ke rumah saudaranya yang aman," kata Sutopo melalui pesan singkat diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut data yang disampaikan Sutopo, terdapat 350 kepala keluarga di Kabupaten Karangasem dan 35 jiwa di Kabupaten Klungkung yang mengungsi karena letusan Gunung Agung.

Di Kabupaten Karangasem terdapat 350 kepala keluarga yang mengungsi dengan rincian 50 kepala keluarga di Banjar Menanga Kawan, 50 kepala keluara di Balai Banjar Rendang, 50 kepala keluarga di Banjar Menanga Kangin dan 200 kepala keluarga di Lapangan Desa Rendang.

"Sedangkan di 35 jiwa Kabupaten Klungkung mengungsi di kantor polisi setempat," jelasnya.

Menurut Sutopo, pemerintah setempat telah mengambil langkah-langkah penanganan dan menyatakan Tanggap Darurat Bencana selama 14 hari sejak Senin (18/9)hingga Minggu (1/10).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klungkung juga telah mendirikan dua tempat pengungsian untuk mengantisipasi terjadi letusan yang lebih besar.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017