Cita-citanya pada 2018 calon haji berangkat dari Kertajati
Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan atau akrab disapa Aher mengharapkan, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang sedang dibangung di Kabupaten Majalengka nantinya dapat dioperasikan untuk pemberangkatan dan kepulangan jamaah haji pada 2018.

"Cita-citanya pada 2018 calon haji berangkat dari Kertajati," kata Aher kepada wartawan di Bandung, Selasa.

Ia menyampaikan, Pemerintah Provinsi Jabar telah menggelar rapat dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI terkait percepatan pembangunan BIJB Kertajati.

"Bandara Kertajati, ada komitmen yang kuat dari Pemprov Jabar dan stakeholder lainnya sehingga pada 2018 bisa digunakan," katanya.

Menurut Gubernur, jika pembangunan bandara tersebut dapat segera terselesaikan dan layak dioperasikan pada 2018, maka akan mempunyai reputasi yang baik di tingkat internasional.

"Kalau bisa dilakukan, ini menjadi reputasi internasional," katanya.

Ia mengatakan, jamaah haji yang dapat memanfaatkan BIJB Kertajati untuk pemberangkatan dan kepulangan diperkirakan sekitar 38 ribuan orang.

"Sekitar 38 ribuan calon haji Jawa Barat akan berangkat dan mendarat di Kertajati," katanya.

Ia menambahkan, penunjang lain untuk BIJB Kertajati itu, salah satunya Pemerintah Provinsi Jabar akan menganggarkan pelebaran jalan bukan tol sebagai penghubung Tol Cipali dengan BIJB sepanjang 4 kilometer.

Pembebasan lahan untuk pelebaran jalan juga akses tolnya, kata dia, bisa dimulai 2017, dengan anggaran yang disiapkan sebesar Rp120 miliar.

"Jadi nanti dari Cipali, kendaraan bisa mencapai BIJB melewati jalan umum yang sudah dilebarkan, atau melalui jalan tol," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017