Sembalun, NTB, (ANTARA News) - Pelari Prancis Melissa Graye mengukir rekor Rinjani 100 untuk pelari perempuan kategori 36 kilometer.

"Saya tidak menyangka bisa membuat rekor. Ini kompetisi terbaik yang pernah saya ikuti dan saya sangat menikmatinya," ujar Melissa usai finish di Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Sabtu.

Melissa mencatatkan waktu tempuh 8 jam 55 menit 37 detik dan menaklukkan rekor sebelumnya yang dicatatkan Vera Breuer, juga dari Prancis, yaitu 10 jam 10 menit 55 detik.

Perempuan berusia 22 tahun ini merasa senang karena dia tidak tidak mempersiapkan diri dengan cukup sebelum kompetisi dan hanya berlatih kurang lebih satu bulan dengan rutin berlari malam hari di kampung halamannya.

Melissa, yang baru pertama kali bertanding lari di Indonesia, pun berencana mengikuti kembali Rinjani 100 tahun 2018.

"Ya, pasti saya akan kembali, tapi belum tahu akan ikut di kategori jarak berapa," tutur dia sembari menambahkan dia berencana ikut Bali Marathon pada bulan Agustus 2017.

Dengan hasil ini, sudah dua pelari yang memecahkan rekor Rinjani 100. Sebelumnya pelari putera Austria juga melakukan hal serupa di jarak 36 kilometer dengan waktu tempuh 6 jam 31 menit 33 detik, lebih cepat sekitar satu jam dari catatan pelari Spanyol Carlos Paz tahun 2016.

Race Director Rinjani 100 Rudi Rohmansyah menyebut rekor-rekor itu bisa pecah karena semakin banyak pelari cepat yang berpartisipasi di Rinjani 100.

"Artinya gaung kegiatan ini semakin luas. Pelari-pelari yang belum ikut di tahun lalu merasa tertantang untuk berkompetisi," kata Rudi.

Rinjani 100 merupakan kompetisi lari lintas alam internasional yang diikuti oleh 502 peserta dari 28 negara, termasuk Indonesia, diadakan mulai Jumat (5/5) sampai Minggu (7/5).

Kejuaraan yang melewati puncak Gunung Rinjani ini mempertandingkan empat kategori yaitu 27 kilometer, 36 kilometer, 60 kilometer dan 100 kilometer.

Untuk kategori 36 kilometer, star dilakukan di Sembalun pada Jumat (5/5) pukul 23.30 WITA. Batas waktu yang diberikan panitia di kategori yang melewati total ketinggian 2,76 kilometer, termasuk puncak Gunung Rinjani, ini adalah 15 jam.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017