Jayapura, Papua (ANTARA News) - Direktur Utama Citilink Indonesia, Albert Burhan, menyatakan, maskapai penerbangan itu fokus menggarap pasar di Indonesia Timur, yang dianggap memiliki potensi cukup besar karena belum banyak dilirik maskapai penerbangan lain.

"Ke depan ada rencana membuka penerbangan ke daerah lain di Papua, tapi kami mulai dari Jayapura dulu. 2017 ini kita mau fokusnya ke Indonesia bagian timur, mungkin setelah Jayapura masih ada beberapa daerah lagi," ujarnya, di Jayapura, Senin.

Ia sadar tidak semua bandara di kawasan timur Indonesia memiliki fasilitas yang memadai untuk didarati oleh pesawat berbadan lebar, terutama Airbus yang kini diandalkan Citilink.

"Hanya yang bisa didarati oleh Airbus A320 hanya beberapa bandara saja, mungkin pakai ATR bisa lebih aman," kata dia.

Burhan yakin kebutuhan masyarakat di kawasan timur atas moda transportasi udara masih belum dipenuhi oleh maskapai yang lebih dulu melayani rute-rute tersebut.

Ia pun optimis bisa meraih okupansi cukup tinggi untuk rute Jayapura-Jakarta meski sudah banyak maskapai yang melayani rute tersebut.

"Target okupansi (Jayapura-Jakarta) 80 persen, tadi penerbangan perdana hampir 100 persen, hanya yang dari Jayapura belum penuh," ujarnya lagi.

Citilink Indonesia secara resmi membuka rute penerbangan Jakarta-Jayapura dan Surabaya Jayapura (keduanya transit di Makassar) mulai 23 Januari 2017 dengan menggunakan pesawat Airbus A320 denan kapasitas 180 penumpang. 

Pewarta: Dhias Suwandi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017