Jakarta (ANTARA News) - Jakarta menyuguhkan makin banyak pilihan kedai kopi yang menawarkan beragam tema, citarasa, dan suasana.

Kedai-kedai kopi juga menawarkan suguhan kopi khas mereka untuk menarik pelanggan.

Perusahaan susu Greenfields dalam siaran persnya merekomendasikan lima kedai kopi pengguna produknya yang menurut mereka sedang ramai diperbincangkan.

Berikut lima kedai kopi yang disarankan berikut minuman andalan mereka:

1. Walking Drums di Patiunus

Walking Drums, yang namanya terinspirasi gema kontainer kosong ketika ditabuh, bersih, asri dan tenang tempatnya. Minuman andalannya Latte dan Macchiato.

2. Djule Kofi di Melawai

Kafe di Jalan Melawai ini adalah cabang kedua dari Ombe Kofie di Pluit, Jakarta Utara. Minuman andalan kedai ini kopi hitam atau putih, dengan satu kopi berasal dari luar negeri. Djule, yang kata dalam bahasa India yang artinya "halo", setiap hari mendorong pengunjung menyeruput jenis kopi berbeda dari berbagai belahan dunia, dari kopi hitam Brasil sampai espresso baru Kolombia.

"Kami ingin para pengunjung mencoba kopi dari berbagai negara dan daerah, sampai mereka menemukan kopi kesukaan," ujar Aji Darius, salah satu pendiri Djule Kofie dan pemenang pertama "National Barista 2012".

3. Filosofi Kop di Melawai

Filosofi Kopi dibangun berdasarkan film dan novel dengan judul sama yang ditulis oleh Dewi Lestari alias Dee dan menjadi tempat pengambilan gambar filmnya, yang dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Rio Dewanto. Perfecto dan Tiwus adalah kopi dalam cerita fiksi yang diciptakan dalam film dan diwujudkan di kafe ini.

"Kami membuat Filosofi Kopi untuk mengembangkan industri kopi di Indonesia. Kami berharap semakin banyak pengunjung yang akan mulai mengapresiasi kopi," kata Jody Bany Wicaksono, Manajer Operasional Filosofi Kopi.

"Kami ingin kafe kami untuk menjadi tempat berdiskusi, mendapatkan ide-ide baru, dan tempat di mana semua orang bisa mengobrol dengan nyaman dan bersosialisasi."

Minuman andalan kedai ini adalah Affogato Orgasm, espresso khas yang dilengkapi dengan es krim vanila dan durian, mirip Avocado-Espresso.

4. Caribou Coffee di Cilandak Town Square
 
Pasangan suami istri John dan Kim mendirikan Caribou Coffee tahun 1992 setelah melihat binatang Caribou dalam perjalanan ke Alaska. Minuman andalan kedai yang berkantor pusat di Minnesota ini namanya Turtle Mocha.

5. Tanamera di Thamrin

Tanamera, yang artinya Tanah Merah, dibangun tahun 2013 sebagai tempat pemanggangan kopi spesialti sebelum menjadi salah satu kafe kopi ikonik di Jakarta pada awal 2014. Minuman andalannya Malabar Natural.
 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016