... kita kerahkan 900 personel gabungan Polresta Pekanbaru dan Polda Riau."
Pekanbaru (ANTARA News) - Kepolisian Daerah (Polda) Riau mengerahkan 3.400 personel gabungan guna mengamankan pelaksanaan hari buruh internasional (May Day), Minggu.

"Ribuan personel tersebut disebar ke sejumlah titik yang menjadi pusat kegiatan hari buruh," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo, di Pekanbaru, Minggu pagi.

Penempatan personel tersebut, dikemukakannya, untuk mengantisipasi, mencegah sekaligus mengamankan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat selama kegiatan hari buruh sedunia tersebut.

Menurut dia, peringatan May Day di Provinsi Riau dilakukan di sejumlah lokasi. Untuk di Pekanbaru sendiri, peringatannya akan diisi dengan panggung gembira di kawasan bebas kendaraan bermotor (Car Free Day) di Jalan Gajah Mada.

"Untuk pengamanan di sana kita kerahkan 900 personel gabungan Polresta Pekanbaru dan Polda Riau," ujarnya.

Sementara itu, aksi kirab bersama (long march) rencananya akan mewarnai May Day di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.

Dia mengatakan, peringatan hari buruh di Kota Duri, Mandau, diprediksikan terpusat di kantor camat setempat.

Selanjutnya, di Kota Dumai peringatan hari buruh akan diisi dengan kegiatan seminar ketenagakerjaan dan orasi.

Terkait sejumlah kegiatan dan aksi selama peringatan hari buruh tersebut, Guntur mengimbau agar dapat dilangsungkan dengan tertib dan aman.

"Kepada kelompok buruh kita mengimbau agar dapat menjaga keamanan, ketertiban dan keamanan bersama. Jangan melakukan "Sweeping" atau mengajak buruh lainnya untuk melakukan tindakan yang kontraproduktif," imbau Guntur.

Pada Sabtu pagi lalu (30/4), ribuan personil menggelar apel di Mapolda Riau, Kota Pekanbaru yang dipimpin langsung Kepala Biro Operasi Polda Riau, Kombes Pol Edy Setia Budi untuk penempatan dan mekanisme pengamanan selama peringatan hari buruh.

***2***

(T.KR-FZR/B/M019/M019) 01-05-2016 06:15:20

Pewarta: Fazar Muhardi & Anggi Romadhoni
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016