London (ANTARA News) - "Iklim sulit" di Stadion Emirates berkontribusi pada laju buruk Arsenal di kandang sendiri pada musim ini, dan tiba-tiba membuat tim kehilangan peluang memenangi gelar Liga Inggris, kata manajer Arsene Wenger pada Jumat.

Di antara lima tim teratas, tim peringkat keempat Arsenal memiliki rekor kandang terburuk dan para penggemar yang geram telah menyuarakan rasa frustrasi mereka terhadap kegagalan klub finis sebagai juara liga untuk musim ke-12 kalinya secara beruntun, lapor Reuters.

Para penggemar dari kelompok Arsenal Supporters Trust, the Black Scarf Movement, dan Red Action berniat melakukan protes pada pertandingan Sabtu melawan Norwich City di bawah spanduk "Saatnya untuk perubahan" perihal bagaimana klub itu dikelola.

"Sebagian orang mempertanyakan karakter tim namun mereka memiliki karakter dan sikap, dan sebagian orang yang mempertanyakan mereka memiliki karakter yang kurang dibanding tim ini," kata Wenger kepada para pewarta.

"Mereka tidak semestinya mempertanyakan tim ini. Kita harus tetap bersatu. Kami kalah di kejuaraan di kandang saat melawan tim-tim yang lebih rendah, namun kami bermain di kandang pada iklim yang sangat sulit. Kami berada di atas di liga dari tim-tim atas; kami ingin menambahi apa yang diperlukan."

Pertanyaan demi pertanyaan meningkat mengenai ambisi Arsenal setelah mereka hanya melakukan satu rekrutan senior -- kiper Petr Cech -- pada bursa transfer musim panas, dan perihal apakah Wenger diberikan cukup dana oleh mayoritas pemegang saham mayoritas Stan Kroenke untuk mengembangkan skuad.

Bagaimanapun, Wenger menegaskan bahwa Kroenke tidak pernah menghentikannya untuk membuat kesepakatan di bursa transfer.

"Saya tidak ingin memberikan komentar-komentar pribadi mengenai para pemilik saya. Setiap klub semestinya bekerja dengan sumber daya-sumber daya yang tersedia dan itulah yang kami lakukan," kata manajer terlama bagi Arsenal itu. "Itulah satu nilai-nilai yang saya bicarakan... Ia tidak pernah menghentikan saya di bursa transfer, ia sangat ambisius, kami semua (ambisius)."

Dua pemain Arsenal Santi Cazorla, absen sejak November karena masalah Achilles dan lutut, dan Alex Oxlade-Chamberlain, menepi beberapa bulan karena cedera lutut, akan dapat dipilih untuk memperkuat skuad saat melawan tim yang terancam degradasi Norwich.

"Salah satu dari keduanya dapat dimasukkan (dalam tim). Cazorla telah berlatih selama dua pekan bersama tim, Alex selama satu pekan, maka salah satu dari keduanya dapat dimainkan," kata Wenger.

Klub London Utara itu unggul lima angka atas tim peringkat kelima Manchester United, yang memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan, ketika mereka berupaya mengamankan posisi mereka di Liga Champions musim depan saat menghadapi Norwich pada Sabtu.
(Uu.H-RF/D011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016