Jakarta (ANTARA News) - Calon Wali Kota Semarang pasangan Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanto Rahayu (2015-2010) bertekad untuk mengatasi pengangguran bagi warga di ibu kota Jawa Tengah, seperti memperbanyak bantuan modal dan mengundang investor.

Tekad tersebut disampaikan calon Wali Kota Sermarang Hendrar Prihadi (Hendi) pada Kampanye Terbuka Pilkada Kota Semarang, di Lapangan Simpang Lima, Selasa sebagaimana disampaikan Maruarar Sirait, tokoh muda PDI Perjuangan yang juga Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP), yang ikut menjadi juru kampanye bagi pasangan Prihadi-Hevearita Gunaryanto Rahayu.

Menurut Hendi,  pada tahun 2010, banyak investor mulai terkait menanam investasi di Semarang. Maka hasilnya, pada tahun 2010 angka pengangguran mencapai 11,7 persen dan pada tahun 2014 sudah turun mrnjadi 7,2 persen. Angka kemiskinan juga turun menjadi 5,2 persen di tahun 2014, dari 8,5 persen di tahun 2010.

Oleh karena itu, Hendi bertekad untuk mengatasi pengangguran Kota Semarang pada lima tahun mendatang sampai pada angka yang paling rendah.

Selain diusung PDI Perjuangan, Hendrar-Hevearita juga diusung oleh Partai Nasdem, Partai Demokrat, Partai Persatuangan Pembangunan (PPP) serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Sementara itu, Ketika di panggung, Maruarar memanggil dan berdialog dengan seorang bernama Sobleh (17). Kepada Sobleh, Maruarar bertanya tentang pembangunan di Semarang selama lima tahun terakhir. Sobleh mengatakan selama kepempimpin Hendi, begitu Hendrar disapa, kemajuan kota Semarang sangat signifikan, khususnya pembangunan jalan.

Maruarar juga mengajak Hendi ke Panggung.  Kepada Hendi, Maruarar bertanya kepada Hendi terkait dengan cara dan strateginya dalam membuat PSIS semakin maju, berkualitas dan diperhitungkan dalam liga sepakbola Indonesia. Paling tidak agar PSIS bisa sejajar dengan Persib Bandung atau Persebaya.

Hendi mengatakan bahwa ia sangat senang ditanyakan soal ini. Ia pun sangat bangga sebab punya tokoh sekelas Maruarar Sirait yang pada tahun ini menjadi Ketua SC Piala Presiden serta mampu menjadikan olehraga nasional bangkit  sebagaimana dikatakan banyak kalangan.

"Mas Ara ini Ketua SC Piala Presiden, lima tahun ke depan kami bareng-bareng besarkan PSIS. PSIS harus mandiri. Kita bisa merekrut pemain-pemain terbaik,  sehingga PSIS menjadi juara nasional," ungkap Hendi, yang menjadi Walikota sejak 2013 setelah sebelumnya dua tahun menjabat Wakil Walikota.

Pilkada Kota Semarang 9 Desember 2015 diikuti tiga pasangan calon, yaitu pasangan Soemarmo-Zuber Safawi, pasangan Sigit Ibnugroho-Agus Sutyoso, dan  pasangan Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanto Rahayu.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015