Kendari (ANTARA News) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mendorong warga atau petani di wilayah setempat mengoptimalkan peningkatan produksi jagung untuk memenuhi kebutuhan komoditas tanaman pangan itu.

"Dalam setiap kesempatan kami selalu memberikan perhatian kepada warga atau petani untuk lebih mengoptimalkan peningkatan produksi kedelai dan jagung," kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kendari, Zainal Arifin, di Kendari, Senin.

Menurut dia, tanaman jagung adalah tanaman palawija yang memiliki potensi ekonomis yang besar di daerah itu karen merupakan bahan baku pangan lokal di daerah itu.

"Kita memiliki pangan lokal yang terbuat dari jagung yang disebut kambose, ini adalah salah satu pangan leluhur kita," katanya.

Oleh sebab itu, lanjut Zainal, pihaknya berharap petani terus optimalkan peningkatan produksi tanan pangan itu, agar selain mencukupi kebutuhan, hasilnya bisa sebagai tambahan pendapatan bagi petani.

Dikatakan, upaya yang dilakukan pemerintah untuk mendorong petani dalam meningkatkan produksi jagung yakni dengan melibatkan petugas penyuluh pertanian.

"Kami juga memberikan bantuam benih atau bibit jagung kepada warga atau petani," katanya.

Pewarta: Suparman
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015