London (ANTARA News) - Penyerang Leicester City, Jamie Vardy, mengukir sejarah pada Sabtu dengan mencetak gol untuk 11 pertandingan Liga Utama Inggris secara beruntun saat timnya bermain imbang 1-1 dengan tamunya Manchester United.

Penyerang Inggris itu mengemas gol pada menit ke-24, berlari menuju operan Christian Fuchs dan melepaskan tembakan melewati David de Gea untuk memecahkan rekor yang sebelumnya ia bagi dengan mantan penyerang United Ruud van Nistelrooy.

Van Nistelrooy, yang rekornya bertahan sejak 2003, dengan cepat memberi selamat kepada Vardy, melalui tulisan di Twitter, "Selamat @vardy7! Anda sekarang merupakan nomor satu dan Anda layak untuk itu! #11inarow."

Rekor itu menandai kebangkitan gemilang Vardy (28), yang bermain di sepak bola non liga pada 2012 dan pernah bermain di kompetisi strata ketujuh sepak bola Inggris pada 2010.

Itu merupakan gol ke-14nya musim ini, yang membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak di liga, namun tandukan Bastian Schweinteiger pada menit ke-46 - gol pertamanya untuk United -- mencegah Leicester menduduki kembali peringkat pertama.

Justru pasukan Claudio Ranieri harus mengakhiri hari dengan menduduki peringkat kedua, unggul satu angka atas United, di mana Manchester City memuncaki klasemen dengan keunggulan selisih gol setelah menang 3-1 atas Southampton di Stadion Etihad.

Kevin De Bruyne mencetak gol untuk pertama kalinya dalam enam pertandingan untuk membawa City unggul, dan ia berperan dalam terciptanya gol yang dibukukan Fabian Delph dan Aleksandar Kolarov, sedangkan Shane Long membalas satu gol untuk Southampton.

"Saya sangat senang dengan reaksi tim," kata pelatih City Manuel Pellegrini, yang timnya dikalahkan Liverpool dan Juventus pada dua pertandingan sebelumnya.

"Kami sedikit gugup sampai gol ketiga, namun saya gembira dengan penampilan dan hasil ini."

Sergio Aguero membuat para penggemar City cemas ketika ia ditarik keluar lapangan pada pertengahan babak kedua, namun Pellegrini mengatakan ditariknya pemain asal Argentina itu sebagai "langkah pencegahan."

Pellegrini tidak dapat memainkan kiper utama Joe Hart yang cedera, yang digantikan oleh Willy Caballero.

Namun tuan rumah mampu memimpin pada menit kesembilan ketika Raheem Sterling mencuri bola dari Maya Yoshida dan melepaskan umpan silang untuk dikonversi menjadi gol oleh De Bruyne dari jarak dekat.

Tendangan sudut De Bruyne pada menit ke-20 membuat Delph dapat menghiasi penampilan perdananya sebagai pemain inti di liga untuk City dengan menorehkan gol pertamanya untuk klub, tembakan jarak jauh yang terdefleksi oleh Virgil van Dijk.

Palace hancurkan Newcastle
Long mengurangi ketertinggalan timnya dengan tandukan dari umpan silang Sadio Mane pada awal babak kedua, namun Kolarov merestorasi keunggulan dua gol City melalui umpan silang De Bruyne pada menit ke-70.

Aguero meninggalkan lapangan, setelah pergelangan kakinya terkilir ketika ia mendarat setelah duel udara, namun hal positif bagi City adalah mereka dapat menyambut kembali Wilfried Bony dan David Silva yang sempat absen karena cedera.

Pelatih Crystal Palace Alan Pardew melihat timnya menang 5-1, yang membuat mantan klub yang pernah dilatihnya Newcastle United menuju zona degradasi, sekaligus meningkatkan tekanan kepada pendahulunya Steve McClaren.

Papiss Cisse membawa Newcastle unggul pada menit kesepuluh melalui sundulan kepala, namun Palace menghantam balik melalui Wilfried Zaha dan dua gol dari Yannick Bolasir dan James McArthur.

"Kami harus memberikan apa yang diinginkan oleh itu bukan hal ini," aku McClaren.

"Kami memiliki 25 pertandingan tersisa, kami berada dalam zona menghindari degradasi, tidak ada keraguan, namun kami harus bekerja keras di lapangan latihan."

Bournemouth bergerak naik ke atas Newcastle, namun tetap berada di tiga terbawah setelah fase akhir yang menegangkan di Pengadilan Dean, ketika mereka mampu bangkit untuk menahan imbang Everton 3-3.

Setelah Ramiro Funes Mori dan Romelu Lukaku membawa Everton mengendalikan permainan, Bournemouth membalas melalui sepakan spektakuler dari jarak jauh Adam Smith.

Ross Barkley terlihat akan mengantar kemenangan kepada Everton, ketika ia merestorasi keunggulan mereka untuk finis di menit kelima.

Sunderland naik meninggalkan zona degradasi dengan mengorbankan Newcastle, berkat kemenangan 2-0 atas Stoke City, Patrick van Aanholt dan Duncan Watmore di fase akhir pertandingan setelah kapten tim tamu Ryan Shawcross bukan sosok yang istimewa.

Aston Villa tetap menghuni dasar klasemen dan kini terpaut tujuh angka dari zona aman setelah kalah 2-3 oleh manajer baru Watford Remi Garde tanpa kemenangan dari tiga pertandingan.

Kapten Villa Micah Richards membatalkan gol Odiondan Ighalo itu untuk menjadi gol pembukaan namun bagi Watford, namun gol bunuh di rimba Allain dan sundulan Troy Dene untuk Watford. 

Troy sendiri kemudian membuka gol pada menit ke-17 dan kemudanTroy Deeney menanduk bola untuk membawa Watford menang. Jordan Ayew mencetak satu gol hiburan untuk Villa.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015