Jakarta (ANTARA News) - Untuk membantu pengguna mencari pembicaraan terhangat di Twitter, media sosial yang baru saja mempunyai CEO baru itu meluncurkan fitur Moments.

"Setiap harinya, ada ratusan hingga jutaan Tweet diunggah oleh pengguna. Salah satunya bisa saja hal-hal yang tidak dapat ditemukan di mana pun, kecuali di Twitter," demikian isi keterangan tertulis yang dirilis Twitter.

"Twitter menyadari, bahwa untuk menemukan momen eksklusif yang hanya ada di Twitter tersebut tidak mudah, terutama jika pengguna belum mengikuti akun apa pun. Tapi kini pengguna tidak perlu repot lagi,"

Pengguna hanya perlu mengunjungi tab baru bertajuk Moments, di mana mereka dapat menjelajahi peristiwa yang sedang terjadi di Twitter.

Dengan menekan tab baru bergambar petir di telepon selular, pengguna akan membuka sebuah daftar peristiwa yang sedang terjadi saat itu juga.

Apabila terdapat peristiwa baru lagi pada hari tersebut, Twitter akan terus memperbaharui daftarnya. Jika ingin melihat lebih banyak, pengguna juga dapat pindah ke topik lain, seperti “Entertainment” dan “Sports” untuk melihat lebih banyak peristiwa dari hari-hari sebelumnya.

Pengguna juga dapat berinteraksi dengan sebuah Moment. Saat pengguna klik sebuah Moment, pengguna akan masuk ke bagian pengantar, lengkap dengan judul dan deskripsinya.

Satu kali tekan akan menampilan Tweet secara penuh; yang dapat di-Retweet, dijadikan favorite, dan banyak lagi. Dua kali tekan akan menjadikannya favorite secara otomatis.

Bar di bagian bawah menunjukkan seberapa banyak cerita lain yang terkait dengan Moment tersebut. Di akhir sebuah Moment, pengguna bisa klik tombol share untuk Tweet pendapat dan membagikannya ke follower mereka.

Moments akan diperbaharui ketika terdapat informasi baru atau saat ada Tweet menarik yang tersedia. Pengguna akan mengetahui apabila sebuah cerita sudah diperbaharui sejak terakhir kali mereka melihatnya, ketika ada titik biru di bagian atas kanan gambar Moment tersebut.

Untuk cerita yang diperbaharui secara berkala — seperti pertandingan olah raga langsung atau acara penghargaan yang penting untuk diketahui setiap jalannya detik per detik — pengguna akan melihat pilihan untuk mengikuti momen tersebut, di mana kumpulan Tweet itu akan langsung masuk di Timeline mereka.

Saat ini, sebagian besar Moments disusun oleh tim kurasi Twitter, dan beberapa di antaranya merupakan kontribusi dari partner seperti Bleacher Report, Buzzfeed, Entertainment Weekly, Fox News, Getty Images, Mashable, MLB, NASA, New York Times, Vogue dan Washington Post.

Meskipun Twitter bekerja sama dengan beberapa mitra, Twitter berencana untuk mengembangkan tim tersebut menjadi lebih besar lagi ke depannya.

Sebagai permulaan, Moments diperkenalkan untuk pengguna Android, iPhone, dan desktop web di Amerika Serikat.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015