Dalam pembangunan ekonomi dasarnya harus jelas, yaitu Pancasila dan UUD 1945 serta dapat memperkokoh persatuan nasional dan kedaulatan bangsa,"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR Oesman Sapta mengatakan bahwa penerapan Empat Pilar MPR RI merupakan kunci dari terwujudnya perekonomian nasional yang dicita-citakan.

"Dalam pembangunan ekonomi dasarnya harus jelas, yaitu Pancasila dan UUD 1945 serta dapat memperkokoh persatuan nasional dan kedaulatan bangsa," katanya saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) 2015 di Jakarta, Kamis malam.

Oesman memaparkan Empat Pilar dengan lebih rinci, yakni Pancasila merupakan dasar dan ideologi negara, UUD NRI tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk Negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

"Dalam pembangunan ekonomi juga dibutuhkan kerja sama yang serasi antara BUMN, koperasi dan usaha swasta agar dapat memainkan perannya sebagai tulang punggung perekonomian nasional," ujarnya.

Oesman berharap, Kadin juga dapat berperan dalam menciptakan iklim usaha yang sehat dan mengedepankan kepentingan bangsa, negara dan rakyat Indonesia.

"Saya harap Rapimnas Kadin ini akan menghasilkan output yang baik untuk Kadin, bangsa Indonesia dan pengembangan iklim usaha yang baik dan sehat," kata dia.

Apalagi, lanjut Oesman, saat ini tidak hanya perekonomian Indonesia yang sedang menghadapi guncangan tetapi juga perekonomian dunia.

"Bagaimana mungkin perekonomian Indonesia menjadi baik jika rasa nasionalisme seluruh anak bangsa tidak baik. Ini harus diperhatikan," ucapnya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015