Kota Tomohon merupakan wilayah penghasil panas bumi yang berfungsi sebagai lumbung energi sekaligus juga bermanfaat sebagai laboratorium alam."
Manado (ANTARA News) - Pemerintah Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara mengembangkan model wisata sekaligus rumah belajar (pendidikan) di lokasi-lokasi panas bumi, kata Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman, Selasa.

"Kota Tomohon merupakan wilayah penghasil panas bumi yang berfungsi sebagai lumbung energi sekaligus juga bermanfaat sebagai laboratorium alam," kata Wali Kota di Tomohon.

Potensi "geothermal" ini menurut Wali Kota adalah wilayah menarik dikembangkan sebagai lokasi tujuan wisata sekaligus sebagai rumah belajar ilmu kebumian serta keanekaragaman hayati.

Menurut dia, kota yang berada di ketinggian 700-1.100 meter di atas permukaan laut ini merupakan daerah unik, di mana keindahan itu dilengkapi dengan potensi panas bumi.

"Keindahan seperti ini (panas bumi) hanya ditemui di beberapa tempat. Pemerintah kota akan mengembangkannya menjadi lokasi wisata," tambahnya.

Kekhasan yang bisa dijumpai, lanjut dia, fluida panas atau cairan, gas yang muncul di permukaan atau dekat dengan permukaan, serta dinamika alamiah yang terjadi di bawah permukaan.

"Memang dari sisi keselamatan dan pengamanan harus menjadi prioritas sehingga memberikan rasa nyaman bagi wisatawan yang hendak mengetahui lebih jauh tentang panas bumu atau berwisata. Infrastruktur harus mendukung dan memadai," ujarnya.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015