Padang (ANTARA News) - Sejumlah prajurit dari Batalyon Marinir Pangkalan Utama TNI AL II Padang, Sumatera Barat bersama mahasiswa penyelam Universitas Bung Hatta menanam dan mentransplantasi terumbu karang di Pantai Carocok Anau Mandeh dan Pulau Setan, di Perairan Kawasan Mandeh, Pesisir Selatan.

"Transplantasi terumbu karang juga melibatkan masyarakat setempat dilakukan sebagai dari usaha menjaga kelestarian ekosistem bawah laut serta seluruh biota yang hidup di Kawasan Mandeh," kata Koordinator Lapangan kegiatan itu, Kapten Marinir Rahmat Iskandar, dari Batalion Marinir Pangkalan Utama TNI AL II Padang, di Padang, Minggu.

Program serupa dilaksanakan secara nasional oleh TNI AL dengan target menanam satu juta terumbu karang di seluruh Indonesia, tambahnya.

Sementara itu, penyelam dari UKM Diving Proklamator UBH, Mabruri Tanjung, menyebutkan, sebelum melakukan penanaman, beberapa waktu sebelumnya bersama dengan tim selam Marinir telah melakukan survei lokasi penanaman dan pengambilan bibit karang di beberapa titik penyelaman di Pulau Cubadak.

Ia menambahkan, sejak 2011 UKM Diving Proklamator UBH bersama masyarakat di Carocok Anau Mandeh juga telah melakukan transplantasi terumbu karang di Pulau Sironjong Gadang.

"Ada sekitar 5.000 bibit karang yang ditransplantasi dengan menggunakan media rak-rak dari besi dan pertumbuhannya sangat subur serta berkembang dengan baik dan ikan-ikan pun sudah berdatangan," katanya.

Pewarta: Hendra Agusta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015