Rejanglebong (ANTARA News) - Dinas Pertanian Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, sedang menyusun program lanjutan pembangunan irigasi tersier tahap kedua dengan luasan sawah penerima manfaat 1.235 hektare.

"Ini merupakan lanjutan dari program pembangunan irigasi tersier yang direncanakan tahun 2015 dengan luasan keseluruhan 3.800 hektare," kata Kepala Bidang Pengelolaan Lahan Air dan Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian Rejanglebong Hadi Wiyanto di Rejanglebong saat dihubungi Minggu.

Menurut dia, pembangunan irigasi tahap pertama saat ini sudah selesai 2.565 hektare dan sebagian sudah bisa digunakan untuk mengairi sawah pada musim tanam April-September.

Sisanya, ia menjelaskan, masih dikerjakan oleh tiga kelompok tani dan diperkirakan rampung pertengahan Agustus.

Ia menjelaskan pula bahwa pembangunan irigasi tersier untuk areal sawah seluas 3.800 hektare dikerjakan oleh 74 kelompok tani.

Pembangunan jaringan irigasi lanjutan akan dilaksanakan oleh masing-masing kelompok dengan anggaran Rp1 juta per hektare sawah sasaran pengairan dari pemerintah.

Menurut dia, irigasi tersier dibangun untuk mengairi sawah di sembilan kecamatan, antara lain Kecamatan Curup Utara, Curup Selatan, Curup Timur, Sindang Beliti Ilir, Kota Padang, Padang Ulak Tanding, Sindang Kelingi, Selupu Rejang dan Sindang Beliti Ulu.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015