Biak (ANTARA News) - Enam pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Supiori, Papua telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum setempat untuk dapat mengikuti pemilihan kepala daerah serentak 9 Desember 2015.

Ketua KPU Supiori, Albert Rumbekwan di Supiori, Rabu mengatakan berkas enam kandidat calon bupati dan wakil bupati yang sudah mendaftar sampai batas waktu 28 Juli 2015 akan dilakukan verifikasi faktual mengenai keabsahan dukungan administrasi pencalonan.

Keenam pasangan calon itu adalah, Yustinus Mandosir-Hugo Efraim Aibekob (Partai Demokrat), Bupati incumbent Supiori Yan Imbab berpasangan dengan Dewi Trikora Kawer (koalisi PDIP-Nasdem dan PAN), dan Hendri Jan Rumkabu-J.Mandosir (Demokrat).

Serta tiga pasangan lainnya yakni Alosyius Mandosir-Lukas Rumainum (koalisi Golkar-PKS), Yotam Wakum-Y.Sawen (Hanura-PKPI dan Gerindra) serta pasangan calon perseorangan Jules Warikar-Ones Rumere.

Ketua KPU Supiori Albert mengatakan setelah dilakukan verifikasi berkas dukungan maka KPU akan melakukan pleno penetapan tentang calon bupati dan wakil bupati yang memenuhi syarat sesuai peraturan perundang-undangan untuk disahkan menjadi peserta pilkada serentak.

"Saat ini fokus KPU Supiori telah menyelesaikan tahapan pendaftaran calon kepala daerah sesuai dengan batas waktu secara nasional 26-28 Juli 2015, ya proses pendaftaran berlangsung aman, lancar dan kondusif," ujarnya.

Menyinggung adanya dua calon mendaftar pada satu parpol tertentu, menurut ketua KPU Albert, persoalan internal parpol harus diselesaikan partai bersangkutan.

"Ada tahapan verikasi faktual tentang berkas dukungan pasangan calon bupati sesuai jenjang tingkatan hingga ke tingkat pusat, ya KPU tetap bersikap profesional dan independen dalam melakukan validasi berkas dukungan," katanya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Supiori Boy Markus Dawir menegaskan, pasangan calon bupati partai Demokrat yang ditetapkan DPP Pusat dan mendapat dukungan resmi Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekjen DPP Demokrat Hinca Panjaitan adalah pasangan Yustinus Mandosir dan wakil bupati Hugo Efraim Aibekob.

"Partai Demokrat Supiori hanya mengajukan satu pasangan Yustinus Mandosir-Hugo Aibekob sebagai pasangan bupati yang didaftarkan ke KPU pada Selasa 28 Juli 2015," tegas Boy Dawir.

Berdasarkan data sementara jumlah pemilih di Kabupaten Supiori untuk pilkada serentak mencapai 13 ribuan tersebar di lima distrik dan 38 kampung.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015