Purwokerto (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto menambah jumlah loket penjualan tiket online di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, guna mengantisipasi lonjakan penumpang selama angkutan Lebaran 2015.

"Loket penjualan tiket online di Stasiun Purwokerto semula hanya empat, sekarang ditambah satu sehingga ada lima loket," kata Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Daop 5 Surono di Purwokerto, Sabtu.

Selain loket, kata dia, PT KAI Daop 5 menambah perangkat mesin cetak tiket mandiri (CTM) di Stasiun Purwokerto dari tiga unit menjadi empat unit.

Menurut dia, penambahan loket penjualan tiket online dan mesin CTM tersebut untuk mengantisipasi membeludaknya calon penumpang di Stasiun Purwokerto selama angkutan lebaran.

Penambahan loket dan mesin CTM ditujukan untuk mengurangi antrean pembelian dan pencetakan tiket di stasiun.

"Meskipun PT KAI telah memangkas jam pelayanan pemesanan tiket di loket stasiun mulai tanggal 1 Juli 2015, pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang rela antre di loket stasiun dibandingkan membeli tiket di kanal eksternal yang lebih simpel dan menguntungkan," katanya.

Ia mengatakan penambahan fasilitas juga direncanakan akan dilakukan di Stasiun Kutoarjo.

Menurut dia, Stasiun Purwokerto dan Stasiun Kutoarjo merupakan stasiun dengan volume penumpang terbanyak di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto.

Lebih lanjut, Surono mengimbau calon penumpang yang telah memesan tiket melalui kanal eksternal untuk segera mencetak tiketnya di stasiun guna menghindari hilangnya bukti pembayaran atau memudarnya tulisan pada bukti pembayaran sehingga akan menyulitkan saat mencetak tiket.

"Lebih aman menyimpan tiket yang sudah dicetak, jangan menyimpan lembaran bukti pembayaran," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015