Jakarta (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian memerintahkan jajaran menggelar operasi berantas aksi kejahatan tanpa hentik hingga Lebaran 2015.

"Saya perintahkan semua Kapolres bersih-bersih dari sekarang tidak berhenti hingga Lebaran 2015," kata Tito di Jakarta Rabu.

Tito mengatakan Polda Metro Jaya bersama jajaran telah menjalankan operasi dimulai dari titik arus keberangkatan pemudik seperti di pelabuhan, terminal, stasiun dan bandara.

Seluruh anggota kepolisian di wilayah hukum Polda Metro Jaya mulai menjalankan operasi untuk mengantisipasi gangguan keamanan.

Tito juga menuturkan telah mendirikan beberapa pos komando (posko) pada jalur mudik dan jalur non-tol di wilayah perbatasan Bekasi dan Tangerang.

"Posko pantau pengamanan untuk memberikan jaminan keamanan masyarakat dan tempat istirahat," ujar mantan Kapolda Papua itu.

Jenderal polisi bintang itu menyatakan aparat kepolisian berupaya memperkuat cipta kondisi menjelang lebaran mulai dari aksi premanisme di daerah rawan kejahatan.

Kemudian, polisi juga terlibat operasi masalah pangan guna menjaga distribusi dan kualitas kebutuhan bahan pokok.

"Kita operasi masalah pangan kalau ada makanan kadaluarsa, mengandung borak atau formalin," ungkap Tito.

Tito juga menginstruksikan anggota meningkatkan patroli di wilayah yang rumahnya ditinggalkan penghuni saat musim mudik.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015