Bandung (ANTARA News) - Nissan Motor Indonesia (NMI) menghibahkan sembilan unit kendaraan jenis Nissan Juke kepada sejumlah lembaga pendidikan untuk alat peraga praktik mahasiswa dan siswa.

"Bantuan alat peraga praktik ini untuk menjawab kebutuhan akan teknisi yang kompeten di masa mendatang," kata Manager Komunikasi NMI Hana Maharani di Bandung, Sabtu.

Dua dari sembilan kendaraan hibah untuk praktik itu diserahkan kepada Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan SMK Nageri 2 Ciamis bertempat di Kampus UPI Jalan Setiabudi Kota Bandung.

Menurut dia alat praktik berupa mobil utuh itu untuk memberikan pengetahuan akan perkembangan terkini otomotif, serta meningkatkan keahlian dan kemampuan teknik para siswa.

Dua unit model itu dipilih karena memiliki desain yang menarik.

"Alat peraga itu tidak berarti harus mobil yang kusam dan kuno, jadi kita ingin memberikan mobil yang keren," kata Hana.

Lebih lanjut ia mengatakan, donasi yang diberikan biasanya hanya berupa training atau blok mesin untuk latihan, namun tahun ini donasi yang diberikan berupa mobil utuh.

"Selanjutnya akan memberikan training dari Nissan College, instansi pendidikan teknis," katanya.

Hana mengatakan, instansi pendidikan yang akan diberikan donasi mobil ini diseleksi salah satunya berdasarkan jumlah orang yang bekerja dan direkrut oleh NMI.

"Selain di Jabar, perangkat praktik itu juga untuk sejumlah kampus dan sekolah di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur," katanya.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kemahasiswaan, Kemitraan dan Usaha Universitas Pendidikan Indonesia, Prof Dr H Dadang Sunendar mengatakan harapannya pada siswanya agar semakin termotivasi untuk belajar dan meningkatkan ilmu pengetahuan.

"Donasi yang diberikan ini sangat penting bagi mahasiswa kami, karena mereka mendapatkan alat peraga baru berupa mobil utuh dengan teknologi modern," kata Dadang.
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015