New York (ANTARA News) - Harga minyak dunia berakhir lebih rendah dalam perdagangan yang berfluktuasi pada Rabu, tertekan penguatan dolar dan potensi kenaikan ekspor Irak meningkatkan kekhawatiran kelebihan pasokan global.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli, turun 52 sen menjadi ditutup pada 57,51 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange, lapor AFP.

Minyak mentah Brent North Sea untuk Juli, patokan global, jatuh menjadi 62,06 dolar AS per barel di perdagangan London, atau turun 1,66 dolar AS dari penyelesaian Selasa.

Pasar menguat di awal perdagangan tetapi keuntungannya menguap karena dolar sedikit menguat, menyentuh tingkat tertinggi dalam hampir satu bulan terhadap mata uang utama lainnya, membuat minyak mentah yang dihargakan dalam dolar lebih mahal.

Pasar mungkin akan mengalami "sedikit penyesuaian posisi menjelang laporan data persediaan minyak AS," kata Tim Evans dari Citi Futures.

Laporan minyak mingguan Departemen Energi AS (DoE), biasanya dirilis pada Rabu, akan dikeluarkan pada Kamis karena hari libur publik pada Senin.

Para analis memperkirakan bahwa persediaan minyak mentah jatuh untuk minggu keempat berturut-turut, sebesar 2,0 juta barel, menurut survei Bloomberg News. Stok Saat berdiri di 482,2 juta barel, sedikit di bawah tingkat rekor tertinggi mereka.

Pedagang telah berharap bahwa pelambatan dalam produksi AS, ditambah dengan peningkatan permintaan selama musim mengemudi musim panas, bisa mengurangi kelebihan pasokan global, faktor kunci dalam mendorong harga lebih dari 50 persen antara Juni hingga Januari lalu.

Kekhawatiran tentang potensi kenaikan ekspor minyak Irak juga melemparkan kesuraman di atas prospek pasokan, kata Commerzbank.

"Irak mungkin membanjiri pasar minyak dengan minyak tambahan bulan depan: menurut program pengiriman, ekspor minyak Irak ditetapkan akan melambung sebesar 800.000 barel per hari pada bulan-ke-bulan dan mencapai tingkat rekor baru 3,75 juta barel per hari," bank Jerman mengatakan dalam sebuah catatan penelitian.

"Jika ini benar-benar terjadi, risiko kelebihan pasokan menjadi lebih besar."

(Uu.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015