Pekanbaru (ANTARA News) - Jajaran Kepolisian Resort Rokan Hulu, Riau, mengejar komplotan bandit pelaku perampokan bersenjata api pada sebuah keluarga di Desa Pasir Agung Kecamatan Bangung Purba di daerah tersebut.

Kepalada Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo kepada Antara di Pekanbaru, Kamis mengatakan para pelaku yang diperkirakan berjumlah tujuh orang tersebut merampok rumah korban bernama Purwadi.

"Dalam aksinya para perampok menggunakan senjata api dan senjata tajam jenis parang," katanya.

Ia menjelaskan perampokan yang terjadi pada Rabu dinihari (27/5) tersebut, para pelaku sempat menyekap korban dan istrinya serta mertuanya. Sebelum menyekap korban, pelaku terlebih dahulu menodongkan senjata api dan parang dan kemudian mengikat korban satu persatu.

Dalam aksinya tersebut, jelasnya, para pelaku berhasil menggondol harta benda korban yakni perhiasan emas, uang tunai, sepeda motor, satu unit TV layar datar, PS3, sebuah laptop, kartu ATM, surat tanah dan mobil minibus jenis Innova korban dengan total kerugian diperkirakan lebih dari Rp230 juta.

Sementara itu, dalam aksinya para pelaku sempat mengancam korban agar tidak melaporkannya ke kepolisian, dan mengancam korban akan dihabisi jika melaporkannya ke petugas.

Guntur menjelaskan, dari penyidikan sementara pihaknya mulai mengantongi identitas para pelaku, karena lima dari tujuh pelaku sempat mencoba bertransaksi pada sebuah mesin ATM di Pasir Pangarayan dari kartu ATM milik korban yang mereka rampas.

Menurut Guntur, pihaknya akan terus mengembangkan kasus perampokan ini, terlebih setelah petugas berhasil menemukan sepeda motor milik pelaku yang ditinggalkan di kebun milik warga.

Ia menjelaskan kemungkinan besar para pelaku masih terkait dengan aksi perampokan yang terjadi di daerah tersebut dalam sebulan terakhir.

Sebelumnya pada Kamis lalu (21/5), kejadian yang sama juga terjadi di Rokan Hulu tepatnya di Desa Rambah. Pada perampokan tersebut, para pelaku yang diduga berjumlah empat orang juga menggunakan senjata api dalam melancarkan aksinya.

Selain itu, dalam aksi tersebut, para pelaku juga berhasil merampas harta korbannya senilai Rp32 juta. Guntur menjelaskan, saat ini

Satuan Reserse Kriminal Polres Rokan Hulu telah melakukan olah tempat kejadian perkara dan terus mengejar para pelaku.

Ia menegaskan, pihaknya akan terus berusaha menumpas kejahatan pencurian dengan kekerasan di wilayah Riau.

Pewarta: Abdul Razak
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015