Tokyo (ANTARA News) - Juara Jepang Gamba Osaka melaju ke perempat final Liga Champions AFC dengan kemenangan 3-2 atas FC Seoul pada Rabu, untuk mengamankan kemenangan agregat 6-3.

Dua penyerang asal Brazil Lins dan Patric serta gelandang Shu Kurata mencetak gol-gol saat tim Jepang itu mencapai perempat final untuk pertama kalinya sejak menjuarai turnamen itu pada 2008.

Dengan duet pemain depan Patric dan pengatur permainan Takashi Usami yang tampil cemerlang, klub Jepang itu terlihat menjadi favorit untuk mengangkat gelar pada November setelah berulang kali memecundangi barisan pertahanan runner up 2013 tersebut.

Gamba bahkan mendapat beberapa menit untuk memberi kesempatan bermain bagi debutan 16 tahun Ritsu Doan pada fase akhir pertandingan, yang gagal menuntaskan peluang mudah untuk mencetak gol penutup yang dapat menjadi gol debutnya.

Menyusul kekalahan 1-3 di pertandingan pertama yang dilakukan di kandang sendiri, Seoul melakukan enam pergantian dan lebih banyak memainkan filosofi menyerang di Jepang pada Rabu, ketika mereka berupaya mengejar defisit gol.

Patric, yang membawa mereka memberi peringatan awal pada menit kesembilan ketika ia mencungkil bola melewati kiper Seoul Kim Yong Dae, namun bola masih dapat disapu bek Kim Chi Woo.

Bagaimanapun, pemain Brazil itu tidak melakukan kesalahan delapan menit kemudian, ketika ia menanduk bola tanpa menghiraukan sepakan tinggi bek Seoul menyusul pekerjaan bagus Usami di sisi kiri.

Gol itu membuat Gamba dapat bersantai dan melancarkan serangan balik, dan mereka nyaris mendapatkan gol kedua sebelum Seoul mendapatkan peluang untuk membangkitkan semangat ketika mereka mendapatkan penalti pada menit ke-42. Hiroki Fujihari menarik kaus pemain lawan pada situasi tendangan bebas, namun penyerang Seoul asal Kolombia Mauricio Molina melepaskan sepakan kaki kiri yang melebar dari gawang.

Gamba memaksimalkan situasi dari merosotnya mental Seoul untuk mengemas gol kedua menjelang turun minum, ketika Kurata mencetak gol setelah Kim Dong Woo mengintersep bola namun gagal menghentikan arus serangan balik Gamba.

Permainan tuan rumah mengendur pada babak kedua dan penyerang Yun Ju Tae mencetak satu gol balasan untuk Seoul pada menit ke-60, ketika ia menyongsong umpan silang Shim Je Heyok dari kiri untuk masuk ke tiang dekat.

Usami meninggalkan lapangan untuk beristirahat lebih awal, namun penggantinya, Lins, tidak mengasihani lini belakang Seoul. Pemain Brazil itu menanduk umpan silang Kurata pada menit ke-87 untuk memperbesar keunggulan. Namun masih ada waktu bagi Yun untuk mencetak gol hiburan pada menit ke-92 setelah Doan gagal menuntaskannya. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015