Jakarta (ANTARA News) - Orang cenderung mencari makanan yang cepat dan mudah dikonsumsi saat sedang piknik, kata Libby Mills ahli nutrisi dari Philadelphia dan juru bicarea Academy of Nutrition and Dietetics.

Makanan yang dicocol ke saus adalah salah satu hidangan yang populer saat acara berkumpul. Mills menyarankan saus dapat berupa hummus, puree kacang, guacamole (saus alpukat), salsa (saus tomat) yang dicampur yoghurt.

Seledri, lobak, asparagus dan wortel dapat dicelupkan ke saus tersebut atau juga dapat diganti dengan sayuran musiman lainnya, seperti yang dikutip dari LiveScience.

Banyak orang yang membawa pasta saat piknik karena dianggap praktis. Mitch menganjurkan pasta diganti dengan brokoli atau kembang kol yang ditambah irisan zaitun, tomat, daun kemangi, dan paprika hijau atau merah agar warna makanan lebih semarak.

Salad yang terdiri dari biji-jiian seperti quinoa, bulgur dan jelai dapat digunakan untuk makanan piknik. Tambahkan buncis, dada ayam pangang dan campur dengan bawang merah. Saus salad yang tidak begitu merepotkan saat ditaurh di piring kertas antara lain adalah minyak zaitun, cuka anggur putih dan mustard.

Mills menyarankan tidak memberi saus hingga salad disajikan saat piknik, agar sayuran tidak layu.

Alternatif lainnya adalah roti isi karena dapat dibungkus. Sebagai variasi, roti dapat diisi dengan hummus, keju parut, potongan kol dan apel.

Bila ingin menyajikan kebab, cobalah ganti isiannya dengan buah seperti nanas, stroberi, bluberi, anggur melon.

Keju juga menjadi makanan yang menarik perhatian. Untuk itu, sediakan keju yang rendan lemak seperti cheddar, mozzarella, gouda atau keju kambing, kata juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics Sara Haas. Sediakan biksuit yang terbuat dengan biji-bijian untuk teman makan keju.

Tips makanan aman untuk piknik

1. Kemas makanan dalam kotak pendingin sesuai dengan urutan penggunaan. Misalnya, taruh minuman paling atas atau dengan pendingin berbeda karena kebanyakn orang mengambilnya lebih dulu sebelum makanan. Sediakan cukup es untuk mendinginkan.

2. Taruh kotak pendingin di bagian belakang mobil karena bagasi mobil cenderung panas. Taruh pendingin di tempat yang tertutup bayangan saat piknik.

3. Jangan biarkan makanan piknik berada di luar lebih dari dua jam. Bila cuaca panas, jangan biarkan makanan berada di atas satu jam.

4. Keluarkan makanan untuk salad seperti kentang, makaroni dan tuna beberapa detik sebelum dimakan. Taruh salad dalam mangkuk yang diberi penutup plastik agar tidak dimasuki serangga.

5. Bawa handuk kertas, tisu dan sabun agar tangan tetap bersih.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015