Solo (ANTARA News) - Persis Solo telah menyiapkan kesebelasannya menimba ilmu melawan tim peserta Indonesian Super League (ISL) Arema Cronus Malang, Jawa Timur, pada pertandingan uji coba di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Senin (25/5).

"Kami telah menyiapkan tim dengan jumlah pemain sebanyak 21 pesepak bola siap belajar menimba ilmu dengan Arema yang banyak diperkuat pemain naturalisasi berpengalaman itu," kata Pelatih Persis Solo Aris Budi Sulistyo di Solo, Jumat.

Aris menyebutkan 21 nama pemain yang sudah bergabung Persis, antara lain kiper Agung Prasetyo, Ghony Yanuar, dan Afif Bayu, sedangkan bek ada Rohmad Sabani, Bayu Yoga, Very Rusgiantoro, Riko Fernanda, dan Akbar Riansyah.

Pemain Persis yang menempati gelandang, antara lain Andrid Wibowo, Ainudin, Abdi Gusti, Bayu Nugroho, Abdul Rosyid, Dedi Cahyono, dan Bayu Andra.

Pemain depan Ferryanto, yakni Candra Waskito, Muhammad Rifky, Saddam Husain, Qoirun Sandi, dan Anggo Julian.

Aris menjelaskan bahwa mantan gelandang pemain Persis Gusripen yang pulang ke kampungnya menyatakan mengundurkan diri karena ada masalah keluarga.

Ia mengatakan bahwa Persis melakukan pertandingan uji coba dengan tim yang berada satu tingkat di atasnya tersebut selain sebagai pelajaran berharga bagi pemainnya, juga ajang seleksi menjelang turnamen Piala Bergilir Polda Jawa Tengah 2015 yang mulai digelar pada hari Rabu (28/5).

"Timnya mencoba sekelas Arema menjadi kesempatan yang langka bagi pemainnya untuk menimba ilmu pemain yang lebih berpengalaman," katanya.

Dengan pertandingan tersebut, dia berharap mental bertanding pemain Persis makin percaya diri sebelum turun mengikuti turnamen Piala Polda Jateng.

Selain itu, manajemen Persis juga masih terus berburu pemain baru berpengalaman guna membangun tim yang kuat.

"Kami telah dihubungi beberapa pemain berpengalaman yang segera bergabung untuk mengikuti seleksi Persis Solo. Namun, kami tidak akan menerima pemain yang hanya memperkuat Persis saat mengikuti turnamen saja," katanya.

Aris yang juga mantan Pelatih Persik Kediri ini akan menyeleksi pemain baru yang betul-betul ingin bergabung dengan Persis saat kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia musim ini jika diputar kembali.

"Pemain yang ingin bergabung dengan Persis saat hanya mengisi kekosongan saja, mungkin akan dipertimbangkan bergabung Solo," katanya.

Ketua Panpel Persis Solo Herry Isranto mengatakan bahwa pihaknya dalam perizinan pertandingan antara Persis dan Arema sudah ada lampu hijau dari Kepolisian Resor Kota Surakarta selaku aparat keamanan.

"Kami akan mencetak sebanyak 24.000 lembar tiket masuk stadion yang terdiri atas 4.000 lembar tribun utara, 4.000 lembar tribun selatan, 8.000 lembar tribun timur, dan 8.000 lembar tribun barat," katanya.

Menurut Herry Isranto, pada pertandingan tersebut akan melibatkan 250 personel Polri dan 90 petugas internal panpel. Pertandingan akan dimulai sekitar pukul 15.30 WIB, dan juga dihadiri sekitar 2.000 hingga 5.000 suporter Aremania dari tim Arema Malang.

Menurut Direktur Bisnis PT Persis Solo Saestu, Her Suprabu, Persis yang melakukan pertandingan uji coba melawan Arema Malang merupakan kesempatan baik dan menjadi kehormatan timnya.

Pertandingan tersebut, kata dia, akan berjalan seru dan enak ditonton bagi masyarakat pencinta sepak bola di Solo.

"Uji coba ini juga momentum seleksi pemain sebelum mereka ikut turnamen antartim Divisi Utama di Jateng," katanya.

Pewarta: Bambang DM
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015