Palu (ANTARA News) - Danau Tambing, salah satu dari sejumlah obyek wisata menarik di Sulawesi Tengah, kembali mulai ramai dikunjungi para wisatawan mancanegara.

Kepala Bidang Tehnik Konservasi Taman Nasional Lore Lindu (TNLL), Ahmad Yani di Palu, Sabtu mengatakan setelah penangkapan dua teroris pimpinan Santoso dan latihan TNI di Kabupaten Poso, kini wisman mulai berdatangan lagi ke sejumlah obyek wisata, termasuk Danau Tambing.

Ia mengatakan sebelumnya, kunjungan wisman, termasuk juga wisatawan nusantara dan lokal ke obyek wisata yang terletak di dalam Kawasan Taman Nasional itu sangat sepi.

Tetapi dalam dua pekan ini, sudah puluhan wisman yang mengunjungi obyek wisata tersebut.

Menurut dia, ramainya kembali wisman mengunjungi obyek itu, membuktikan bahwa mereka tidak lagi merasa khawatir akan keamanan dan keselamatan jiwa.

Ahmad berharap kondisi keamanan yang kondusif setelah pascapenangkapan dua teroris dan latihan TNI di wilayah Poso, kunjungan wisman semakin meningkat.

"Kita tahun ini mengharapkan kunjungan wisman bisa mencapai 5.000 orang," kata Ahmad.

Pada 2014, sebanyak 3.000 wisman berkunjung ke obyek wisata Danau Tambing atau jauh meningkat dibandingkan sebelumnya.

Danau Tambing terletak di wilayah Kabupaten Poso. Dari Palu dapat ditempuh dengan kendaraan sepeda motor atau mobil sekitar 3 jam.

Obyek wisata tersebut berjarak 100 meter dari jalan raya Palu-Napu.

Keunggulan obyek wisata Danau Tambing adalah satwa burung. Ada sekitar 270 jenis burung dan 30 persen diantaranya endemik.

Artinya, 30 persen burung yang ada di sekitar Danau Tambing tidak ada di tempat lain, kecuali di obyek wisata tersebut.

Itu sebabnya, para wisman menyebutnya Danau Tambing "surga" burung.

Obyek  wisata itu sangat cocok bagi penelitian dan juga pengamatan gerak-gerik dan suara burung.
(BK03)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015