Kami masih memfinalisasi laporannya"
Jakarta (ANTARA News) - PT United Tractors Tbk, distributor peralatan berat terkemuka di Indonesia, membagikan dividen Rp2,76 triliun untuk tahun buku 2014 dan itu sudah disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

"Kami menyetujui untuk membagikan dividen tunai sebesar Rp2,76 triliun atau Rp740 per saham yang dibayarkan pada 28 Oktober 2014," kata Presiden Direktur PT United Tractors Tbk Gidion Hasan di Hotel JW Marriot, Jakarta, Selasa.

Sedangkan laba bersih sebesar Rp2,6 triliun atau Rp545 setiap saham direncanakan akan dibagikan kepada pemegang saham pada 22 Mei 2015.

Gideon memperkirakan penjualan alat berat pada kuartal 1 2015 mencapai 760-an unit yang mengalami penurunan pada periode sama tahun sebelumnya dari jumlah sekitar 1.200-an unit.

"Kami masih memfinalisasi laporannya," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa penjualan turun akibat harga komoditas melemah dan sektor infrastruktur yang masih belum berkembang secara signifikan.

"Sektor konstruksi belum terealisasi dengan baik saat ini," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa pihaknya mengakuisisi sekitar 75 persen saham dari suatu perusahaan tambang emas, PT Sumbawa Jutaraya atau senilai Rp2,57 juta dolar Amerika Serikat (AS). Perusahaan itu berada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

"Kami memilih emas karena ini stabil," ujarnya.

Perusahaan tambang emas itu, lanjutnya, masih belum melakukan proses produksi tetapi masih pada tahap eksplorasi cadangan emas yang dimiliki.

"Satu hingga dua tahun untuk eksplorasi the real (sesungguhnya) cadangan emas pada tambang ini," tuturnya.

Ia mengatakan pihaknya menganggarkan dana Rp10-20 juta dolar AS untuk tahap eksplorasi perusahaan tambang emas itu.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015