Operasi ini bersifat edukasi ..."
Bandung (ANTARA News) - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort (Polres) Garut, Jawa Barat, pada hari pertama dalam tiga pekan Operasi Simpatik membagikan bunga dan batu akik ke para pengendara sepeda motor dan mobil di Jalan Jenderal Sudirman, Rabu.

Kepala Polres Garut AKBP Arif Rachman mengatakan, Operasi Simpatik itu dalam rangka pelayanan kepada masyarakat untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta tertib berlalu lintas.

"Operasi ini bersifat edukasi, sosialisasi dengan baik kepada masyarakat mengenai cara berlalu lintas yang baik," ujarnya.

Kegiatan itu melibatkan jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Garut yang langsung ke jalan raya memeriksa semua kelengkapan surat dan penggunaan keamanan kendaraan.

Polisi wanita (Polwan) Polres Garut membagikan bunga dan cincin batu akik kepada pengguna jalan raya yang surat-surat kendaraannya lengkap dan mematuhi peraturan lalu lintas.

Kapolres Garut mengatakan, operasi berlalu-lintas yang bersifat mendidik itu tidak dilakukan dengan penindakan atau sanksi tilang kepada pelanggar peraturan lalu lintas.

Setelah operasi simpatik selesai, menurut dia, pihaknya akan melakukan tindakan sanksi penilangan bagi semua pengendara yang melanggar.

"Setelah ini kita akan melakukan penindakan tegas untuk menimbulkan efek jera agar warga nanti tertib berlalu lintas," katanya menambahkan.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015