Miami (ANTARA News) - Petenis peringkat dua dunia Maria Sharapova tersingkir pada pertandingan pertamanya dalam turnamen tenis lapangan keras Miami Terbuka, Kamis (Jumat WIB), setelah kalah 6-7 (4/7), 3-6 dari petenis peringkat 97 dunia Daria Gavrilova.

Gavrilova yang berasal dari Rusia, yang mendapat wild card menuju undian utama, memerlukan waktu satu jam 49 menit untuk menorehkan kejutan terbesar sejauh ini pada kombinasi turnamen WTA dan ATP, dimana Sharapova tidak pernah menjadi juaranya meski lima kali melaju ke final.

Kekalahan ini menandai penampilan terburuk lima kali juara Grand Slam Sharapova pada ajang ini sejak ia kalah pada putaran pertama saat melakukan debutnya pada 2003.

Kekalahan dari lawan yang baru menembus urutan 100 dalam peringkat dunia pada Senin membuat Sharapova menyudahi penampilannya di musim lapangan keras dengan lebih awal, dan akan menjelang turnamen lapangan tanah liat di Stuttgart dalam rentang waktu sebulan.

Unggulan kedua asal Rusia itu kalah pada set pembuka setelah bermain selama nyaris satu jam dan mendapati dirinya tertinggal dari mantan petenis junior peringkat satu dunia dengan skor 1-4 pada set kedua.

Sharapova berupaya kembali menekan namun kemudian servenya dipatahkan untuk membuat kedudukan menjadi love ketika Gavrilova kemudian mendapatkan kembali permainan terbaiknya untuk unggul 5-3.

Ia dengan tenang menuntaskan kemenangan terbesar dalam karirnya pada match point pertamanya.

Gavrilova tinggal dan berlatih di Australia, di mana ia dilatih dengan dana dari federasi Australia dan mengejar kewarganegaraan Australia.

Sharapova menghabiskan seumur hidupnya di AS, namun ia mempertahankan kewarganegaraan Australianya.

Ini merupakan kemenangan perdana Gavrilova atas petenis peringkat 10 besar setelah empat peluang-peluang sebelumnya. Ia tidak pernah mengalahkan siapapun yang memiliki peringkat lebih tinggi daripada peringkat 35.

Unggulan-unggulan teratas lainnya tampil jauh lebih baik, dengan enam dari 16 petenis peringkat teratas menembus putaran ketiga.

Petenis peringkat empat dunia Caroline Wozniacki hanya kalah satu game saat ia menaklukkan Madison Brengle dengan skor 6-0, 6-1, sedangkan unggulan ketujuh asal Polandia Agnieszka Radwanska menaklukkan Anna Schmiedlova dengan skor 6-4, 7-5.

Unggulan kedelapan asal Rusia Ekaterina Makarova, unggulan kesembilan asal Jerman Andrea Petkovic, unggulan ke-12 asal Spanyol Carla Suarez Navarro, unggulan ke-15 Karolina Pliskova asal Republik Ceko, dan unggulan ke-16 Venus Williams semuanya melaju ke putaran berikutnya.

Williams, yang memainkan pertandingan pertamanya sejak 27 Februari, mengalahkan adik kandung Radwanska, Urszula, dengan skor 6-3, 6-2 untuk membuat ia akan bertemu dengan petenis Australia Sam Stosur.

Pada kategori putra, Vasek Pospisil asal Kanada merusak kembalinya Juan Marti del Potro dari cedera dengan kemenangan 6-4, 7-6 (9/7) di putaran pertama atas mantan juara AS Terbuka itu.

Petenis Argentina Del Potro, yang merupakan favorit para penggemar, terlihat belum kembali ke penampilan terbaiknya setelah berbulan-bulan menjalani rehabilitasi pergelangan tangan kiri, pada pertandingan yang berlangsung kurang dari dua jam.

Mantan petenis peringkat empat dunia itu, yang kini terpuruk ke urutan 616 pada daftar peringkat, melakukan kesalahan ganda pada set point yang akan menyamakan kedudukan pada tiap-tiap set.

Beberapa saat kemudian ia menggagalkan match point dengan ace, namun akhirnya tersingkir melalui pengembalian service yang terlalu panjang.

Bermain tanpa rasa sakit

Del Potro, yang telah kembali dari operasi pergelangan tangan kanan pada 2010, menjalani operasi pada pergelangan tangan kirinya Maret silam.

Ia menyelesaikan musim 2014 dengan berada di luar 100 peringkat teratas untuk pertama kalinya sejak 2005, setelah hanya memainkan empat turnamen sepanjang tahun.

Upaya Del Potro untuk kembali pada Januari namun ia harus mengundurkan diri dari Australia Terbuka karena rasa sakit pada pergelangan tangannya dan menjalani operasi kedua dua bulan silam.

Meski kalah, ia yakin dirinya menuju arah yang benar.

"Saya tidak merasa frustrasi, saya harus mengambil hal-hal positif dari kembalinya saya," kata Del Potro. "Tidak masalah gagal mencetak angka untuk saat ini... Saya hanya ingin bermain tenis dan tanpa rasa sakit."

Porsipil (24) yang menghuni peringkat 60 dunia, mencatatkan 35 pukulan kemenangan, mengonversi dua dari tiga peluang breaknya. Del Potro, yang melakukan 25 unforced errors, hanya mampu mengonversi satu dari peluang-peluang break pointnya, demikian dilaporkan AFP.

(H-RF)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015