Eindhoven, Belanda (ANTARA News) - Ajax Amsterdam berhasil menang 3-1 dalam laga lanjutan Eredivisie Belanda melawan PSV Eindhoven di kandang lawan, Philips Stadion, Minggu.

Kemenangan tersebut menjadi modal penting bagi Ajax untuk memperpanjang peluang mereka mengkudeta PSV dari perburuan gelar juara musim ini.

Pun demikian, Ajax yang berkat kemenangan itu mengoleksi 53 poin, masih terpaut jauh 11 poin dari PSV (64) sedangkan Eredivisie musim ini tinggal menyisakan sembilan pertandingan lagi.

Tim besutan Frank de Boer membuka keunggulan pada menit 29 lewat Ricardo Kishna yang menyambut umpan silang Anwar El Ghazi dengan tendangan kaki kirinya untuk menaklukkan penjaga gawang Jeroen Zoet.

Kedudukan itu bertahan hingga turun minum bahkan hampir separuh waktu normal babak kedua.

PSV sempat menyamakan kedudukan melalui tandukan Luuk de Jong pada menit 77, menyelesaikan umpan lambung dari Jeffrey Bruma.

Namun tim tamu makin bukannya tertekan akibat gol itu, malah makin trengginas dan kembali merebut keunggulan pada menit 83 lewat gol yang dicetak pemain pengganti Lasse Schone.

Schone, yang masuk pada menit 57 menggantikan Arkadiusz Milik, mengeksekusi sebuah tendangan bebas yang mengalir deras menyusur tanah mengecoh pagar betis sekaligus membuat kedudukan menjadi 2-1 kembali untuk keunggulan Ajax.

Di sisa waktu laga, PSV sebetulnya berusaha mencetak gol balasan lagi, namun yang terjadi justru Ajax memperbesar kemenangannya pada menit ketiga waktu tambahan.

Setelah mengirimkan umpan untuk gol pembuka Ajax, El Ghazi menjadi pencetak gol yang menyempurnakan kemenangan timnya atas PSV pada menit 90+3 menyelesaikan umpan dari Davy Klaassen.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir UEFA.com.

PSV Eindhoven (4-3-3): Jeroen Zoet (PG); Santiago Arias, Jeffrey Bruma, Nicolas Isimat-Mirin, Jetro Willems; Georginio Wijnaldum, Andres Guardado, Adam Maher; Luciano Narsingh, Luuk de Jong, Memphis Depay
Pelatih: Phillip Cocu

Ajax Amsterdam (4-3-3): Jasper Cillessen (PG); Ricardo van Rhjin, Joel Veltman, Nick Viergever, Nicolai Boilesen; Riechedly Bazoer, Thulani Serero, Davy Klaassen; Anwar El Ghazi, Arkadiusz Milik, Ricardo Kishna
Pelatih: Frank de Boer

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015