Nusa Dua (ANTARA News) - Fungsionaris Partai Amanat Nasional (PAN) Hanafi Rais mengatakan, dukungan kepada calon Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan diperkirakan mencapai 61 persen.

"Minimal 61 persen. Indikatornya sebelum kongres, ketika Zulkifli Hasan keliling dan saya merasakan mayoritas daerah-daerah dan survei PDB adalah 85 persen menginginkan adanya perubahan. Mereka tidak serta menyebut nama, tapi ketika ditanya perubahan perlu atau tidak, mereka bilang perlu perubahan," kata Hanafi di arena Kongres PAN IV di Nusa Dua, Bali, Minggu.

Ia menambahkan, pernyataan Amin Rais yang menuding calon Ketua Umum PAN, Hatta Raajasa berbohong, akan semakin menambah dukungan kepada Zulkifli Hasan.

"Saya kira pernyataan Amin Rais itu semalam mewakili suara mayoritas kader karena selama ini mereka banyak diberi janji, tapi banyak juga yang tidak terwujudkan. Saya kita banyak pengaruhnya (pidato Amin Rais), artinya peserta yang masih mencoba untuk berpikir objektif, akhirnya akan melihat nasehat Amin Rais itu seperti apa," kata Hanafi.

Ia juga menuding, kubu Hatta sudah mulai menyerang Zulkifli Hasan jauh sebelum kongres.

"Kalau mereka menyerang, ada atau tidak ada pernyataan Amien Rais, mereka sudah memang punya niat untuk menyerang sudah lama. Jadi pidato Pak Amien mewakili suara diam kader selama ini dan nanti jelang pemilih, mereka akan dengar tausiah Pak Amien supaya berpikirnya lebih luas," kata Hanafi.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015